Pengembangan Media Permainan Utangra untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29430Kata Kunci:
Kecerdasan Kinestetik, Permainan Utangra, Media PembelajaranAbstrak
Kurangnya media pembelajaran inovatif menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi rendah dan kecerdasan kinestetik anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, dan menganalisis kelayakan media untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba produk. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Dalam penelitian ini dilibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah 6 orang guru kelompok B. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji coba media permainan Utangra terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 97,50%, (sangat baik). Hasil uji coba oleh validator ahli media dengan persentase skor 98,57% (sangat baik). Hasil uji coba produk memperoleh skor 89,39%, (sangat baik). Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media permainan Utangra yang telah dikembangkan layak diterapkan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. implikasi penelitian ini akan mempermudah guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.
Referensi
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya.
Anggraini, D. D. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Muhajirin Malang Jawa Timur, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1821
Antika, H., Priyanto, W., & Purnamasari, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21288
Arfani, S., & Sulistia, A. (2019). Teaching Speaking Using A “Snake And Ladder” Board Game: A Teacher Story. Research and Innovation in Language Learning, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33603/rill.v2i1.1642
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: Bhumi Aksara.
Arimbawa, Wiyasa, & Manuaba. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11000
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13
Fitriyani, F. N. (2017). Perkembangan Bermain Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514
Handayani, Purwadi, & Prasetiyawati. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Permainan Alat Musik Tradisional Angklung Pada Anak Kelompok B RA Karakter Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3272.
Jihan, Reffiane, & Arisyanto. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 107–113.
Mariyaningsih, N. (2012). Penerapan Metode Kontekstual Investigasi Bisnis Dan Game Ular Tangga Kombi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Komunikasi Bisnis. Dinamika Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v7i2.4908
Naharir, Dantes, & Kusmariyatni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 15–21. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/16975/10172. 15-21
Nisa, A., Djamahar, R., & Evriyani, D. (2018). Effect of Application of Ular Tangga Game Media on Cognitive Learning Result of Human Reproductive System. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 8(2).
Nisa, & Wuryandani. (2018). Perancangan Buku Cerita Pop-up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1563
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428
Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15
Pramana, Tegeh, & Agung. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.
Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188
Pujiati, D. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3872
Punaji Setyosari. (2010). Punaji Setyosari. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta Kencana.
Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499
Saputri, R. I., Alzaber, & Ariawan, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. AKSIOMATIK : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2514
Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494
Sugiyono. (2016). Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryono, S. (2016). Pengaruh Metode Latihan Dan Persepsi Kinestetik Terhadap Keterampilan Groundstrokes Tenis Lapangan Pada Siswa SD. Jurnal Keolahragaan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10901
Trisnadewi, N. K., Putra, M., & Ardana, I. K. (2020). Model Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25152
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi. (2016). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmah Potensia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.1.1.15-20
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Wulanyani, N. M. S. (2014). Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Psikologi, 40(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpsi.6976
Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/.https://doi.org/ 10.21831/jpk.v6i2.12055.
Yuningsih, R. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jtk.v5i2.7581
Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)