Kualitas Lembar Kerja Praktikum (LKP) Biologi Menggunakan Diagram Vee Pada Materi Sistem Respirasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.39720Kata Kunci:
LKP, diagram Vee, Sistem RespirasiAbstrak
Pembelajaran biologi tak terlepas dari kegiatan praktikum untuk menunjang pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran biologi. Penggunaan LKP sebagai petunjuk kegiatan praktikum harus memperhatikan kualitasnya agar dapat menyajikan kegiatan praktikum yang bermakna sehingag peserta didik dapat memperoleh pengetahuan baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap LKP biologi kelas XI materi sistem respirasi yang digunakan. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling dengan mengambil 4 LKP yang bersumber dari buku paket dan LKS.Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik kelengkapan dan rubrik penskoran diagram Vee. Data penelitian kemudian diuji coba dan dianalisis untuk melihat kelengkapan dan kualitasnya berdasarkan komponen diagram Vee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKP yang dianalisis melalui skoring komponen diagram Vee mendapatkan rerata persentase 40% dengan kriteria kurang baik. Pada LKP yang dianalisis, masih terdapat permasalahan tentang tujuan praktikum yang tidak dilampirkan, petunjuk langkah kerja dan prosedur langkah kerja yang membingungkan peserta didik, dasar teori yang tidak terdapat pada LKP serta tidak terdapatnya arahan dalam mentransformasikan data.
Referensi
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. EDUSAINS, 13(1). https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Amique, I. N., Jumaeri, J., Sumarni, W., & Susilaningsih, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(2), 77–83.
Annisa, F., & Fuadiyah, S. (2021). Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Sirkulasi Berbasis Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38588
Fuadunnazmi, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Scientific Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pengukuran Daya 1 Fasa Menggunakan 3 Voltmeter. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (, 2(1), 41–44. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.287. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.287
Handayani. (2020). Efektivitas Pembelajaran Vee Diagram Dalam Meminimalisir Kesalahan Pada Perancangan Eksperimen. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 94-10 6. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.65. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.65
Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium Secara Bermakna. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.25134/quagga.v12il.2331. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331
Huda, I. Z. N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 550–561. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438
Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). “Penerapan Diagram Vee untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/724.
Ibrahim, M. (2015). “Peran Pembelajaran Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Cerdas Abad 21”,. In Prosiding Seminar Nasional I Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran, (pp. 22–29).
Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee:(An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(6), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Maulina, A., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2018). Penerapan Metode Praktikum Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Termokimia. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 7(7). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26398.
Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan:(Analysis and Reconstruction of the Components of the Student Worksheet on Structure and Function of Plant Tissue). BIODIK, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439
Novalia, R. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Pada Praktikum Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi. FKIP.
Nurhakima, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia di Smp Abdi Negara Asam Jawa. Jurnal Wahana Inovasi, 5(2), 409–415. Retrieved from http://penelitian.uisu.ac.id.
Nurmaningsih, N., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592
Putri, L. (2016). Card of Identification Phylum as an Innovative Media to Study Animal Classifications. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia., 2(1), 31–38. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369
Putri, S. S., Supriatno, B., & Anggraen, S. (2020). Analisis Kualitas Struktur Pada Lembar Kegiatan Siswa Materi Uji Makanan. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 4 11-4 22. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9465. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9465
Rahmania, S., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2021). Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah (Laboratory. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(02), 179–195. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997
Ramadayanti, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406
Sudarisman, S. (2018). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. ,. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Sudirgayasa, I. G., Suastra, I. W., & Ristiati, N. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Nature Of Science (Nos) Terhadap Kemampuan Aplikasi Konsep Biologi Dan Pemahaman Nos Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Marga. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1).
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasmi, E.S., dan Rahayu, S. (2015). Hasil Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Piloting dan Lesson study dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Kota Malang. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA,. Yoyakarta.
Suratijo. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA N 1 Penengahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UM, 6(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.337. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.337
Susanto, F. N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekontruksi Komponen Lembar Kerja Peserta Didik Pada Praktikum Tulang. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 372–383. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9459. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9459
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusmastuti, M. N. (2018). The Analysis of Cognitive Structure and Level on Design of Laboratory Activities of Photosynthesis Concept. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi.
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Asyah Dwi Hastika, Sa’diatul Fuadiyah, Rahmawati Darussyamsu, Rahmadani Fitri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)