Studi Evaluasi: Tingkat Efikasi Diri Peserta Didik Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45229Kata Kunci:
Efikasi Diri, Fisika, SiswaAbstrak
Fisika merapakan salah satu mata pelajaran wajib untuk dipelajari di tingkat sekolah menengah atas khususnya pada siswa yang mengambil kelas peminatan ilmu pengetahuan alam (IPA). Namun, pelajaran fisika menduduki peringkat terendah kedua pada ujian nasional terakhir. Hal ini dapat menurunkan tingkat efiskasi diri pada siswa, sehingga mempengaruhi proses dan hasil belajar mereka. Dilihat dari hal tersebut, dibutuhkannya sebuah peningkatan dalam dukungan baik dari guru, orang tua, dan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Populasi yang digunakan adalah guru dan siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri peserta didik sangat dipengaruhi oleh persepsi yang mereka miliki. Maka dari itu, sangat penting bagi tenaga pendidik untuk membangun persepsi yang dimiliki oleh peserta didik. Ada banyak cara bagi tenaga pendidik untuk membantu peserta didik meningkatkan efikasi diri yang mereka miliki, seperti pemberian motivasi, penggunaan model atau strategi belajar yang menarik, ataupun pemberian kesempatan kedua bagi peserta didik dan tidak menghakimi atas apapun jawaban yang mereka berikan. Dengan demikian peserta didik akan merasa lebih percaya diri saat mengemukakan pendapat yang berdampak kepada meningkatnya tingkat efikasi diri peserta didik.
Referensi
Abbott, A. L. (2017). Fostering student interest development: An engagement intervention. Middle School Journal, 48(3), 34–45. https://doi.org/10.1080/00940771.2017.1297666. DOI: https://doi.org/10.1080/00940771.2017.1297666
Acai, A., Mercer-Mapstone, L., & Guitman, R. (2019). Mind the (gender) gap: engaging students as partners to promote gender equity in higher education. Teaching in Higher Education, 1–21. https://doi.org/10.1080/13562517.2019.1696296. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/3mvku
Adinugraha, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Efikasi Diri Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA Peminatan MIPA. Jurnal Pro-Life, 4(3), 441–455. https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102. DOI: https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102
Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Ariana, K. A., Gading, I. K., & Tastra, I. D. K. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal Mimbar Pgsd Undiksha, 6. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA PADA SISWA SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829
Basith, A., Syahputra, A., & Aris Ichwanto, M. (2020). Academic Self-Efficacy As Predictor Of Academic Achievement. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 63. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24403. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24403
Budiarta, R. (2018). Minat dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Ekstrakurikuler woodball di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). Sage Publication, Inc.
Eakman, A. M., Kinney, A. R., Schierl, M. L., & Henry, K. L. (2019). Academic performance in student service members/veterans: effects of instructor autonomy support, academic self-efficacy and academic problems. Educational Psychology, 39(8), 1005–1026. https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1605048. DOI: https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1605048
Fiana, W. (2017). Peran Guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa tunanetra. Muhammadiyah University of Ponogoro.
Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004
Hamdani, H., Mursyid, S., Sirait, J., & Etkina, E. (2017). Analisis Hubungan antara Sikap Penyelesaian Soal dan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. ,. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 151–156. https://doi.org/10.21009/1.03205. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03205
Huber, M., & Froehlich, D. E. (2020). ANALYZING GROUP INTERACTIONS; A Guidebook for Qualitative,Quantitative and Mixed Methods. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780367321116
Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892
Jason, L. A., & Glenwick, D. (2016). Handbook Of Methodological Approaches To Community-Based Research. Oxford Universit Press. DOI: https://doi.org/10.1093/med:psych/9780190243654.001.0001
Juhrani, Hardi Suyitno, K. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Ujmer, 6(2), 251–258.
Laksmi, P. P. D., Suniasih, N. W., & Wiyasa, K. N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410
Luo, J. M., Chau, K. Y., Lam, C. F., & Cheng, M. (2019). The relationship of student’s motivation, program evaluation, career attitudes and career aspirations in university–industry cooperation program. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1608686. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1608686
Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800
Marlini, K. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas X Mm-2 Smk Negeri 1 Denpasar Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 197–204. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31956.
Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442.
Mulyanto, Purwanto, W., Maksum, H., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31491. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31491
Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856
Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy: Sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36-39. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138. DOI: https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906
Puspitaningtyas, Z. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Manajemen Keuangan Bisnis Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 7(2), 141 – 150. DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v7i2.474
Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112. DOI: https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112
Rahayu, T., & Osman, K. (2019). Knowledge Level and Self-Confidence on The Computational Thinking Skills Among Science Teacher Candidates. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(1), 117–126. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i1.4450. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i1.4450
Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490. DOI: https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung: Alfabeta, cv. https://doi.org/10.1016/S0969-4765(04)00066-9. DOI: https://doi.org/10.1016/S0969-4765(04)00066-9
Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609.
Suryani, Lely, Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6612
Wang, Y. L., Liang, J. C., & Tsai, C. C. (2018). Cross-cultural comparisons of university students’ science learning self-efficacy: structural relationships among factors within science learning self-efficacy. International Journal of Science Education, 40(6), 579–594. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1315780. DOI: https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1315780
Wulandari, N. N. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23. DOI: https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23
Zdaniuk, A., Gruman, J. A., & Cassidy, S. A. (2019). PowerPoint slide provision and student performance: the moderating roles of self-efficacy and gender. Journal of Further and Higher Education, 43(4), 467–481. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1367369. DOI: https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1367369
Zysberg, L., & Schwabsky, N. (2020). School climate, academic self-efficacy and student achievement. Educational Psychology, 1–16. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1813690. DOI: https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1813690
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rido Ilham Widodo, Dwi Agus Kurniawan, Maison Maison, Irmanto Irmanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)