PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN CASE METHOD PADA MATA KULIAH PENGUJIAN KENDARAAN : Validitas Ahli

Penulis

  • Ananda Jaka Kelana Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Dedy Irfan Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Hasan Maksum Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Efrizon Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.57186

Kata Kunci:

E-Modul, flipbook, automotive engineering

Abstrak

Perkembangan pesat ICT (Information and Communication Technology) mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Memanfaatkan teknologi informasi tersebut dapat mendukung proses pembelajaran mandiri menjadi lebih baik. Kemajuan teknologi ini mengharuskan dosen sebagai pendidik untuk memberikan materi pembelajaran kolaboratif kepada mahasiswa agar benar-benar mempersiapkan mereka menghadapi realitas abad kedua puluh satu dengan materi pembelajaran 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) (Anas, 2022) . Di era teknologi informasi ini, dosen harus mampu mengembangkan karakter yang sesuai dengan profil pendidik di abad ke-21. Keadaan diobservasi yang menunjukkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas ahli sebelum diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa desain media telah valid ditinjau dari aspek didaktis, konstruksi, dan teknis. Sedangkan hasil validasi materi juga menunjukkan bahwa materi pada media sudah valid dari segi hal kualitas materi dan kualitas pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook dengan case method yang digunakan pada mata kuliah ini efektif sebagai media pembelajaran di kelas selama proses pembelajaran.

Referensi

Anas, A., & Mujahidin, E. (2022). Implementasi Konsep 4c Dalam Pembelajaran Pada Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Tadbiruna, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.356. DOI: https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.356

Arthur, R., Dwi, R. N., & Lenggogeni, L. (2020). E-Module of Cost Estimating Course in Building Construction Vocational Undergraduate Program Faculty of Engineering Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 88. https://doi.org/10.17977/um048v25i2p88-96. DOI: https://doi.org/10.17977/um048v25i2p88-96

Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012075. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012075

Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of E-Module Using Flip Pdf Professional on Temperature And Heat Material. In Journal of Physics: Conference Series, 1572(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2020). Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 00, 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Mardiana, H. (2020). Lecturers’ Adaptability to Technological Change and Its Impact on The Teaching Process. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 275–289. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.24595. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.24595

Mendenhall, W. M., & Sincich, T. L. (2016). Statistics for engineering and the sciences, sixth edition. In Statistics for Engineering and the Sciences, Sixth Edition. https://doi.org/10.1080/00224065.2016.11918168. DOI: https://doi.org/10.1201/b19628

Mulyadi, M., Atmazaki, A., & Syahrul, R. (2019). The Development of Interactive Multimedia E-Module on Indonesia Language Course. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 291–295. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.65. DOI: https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.65

Munawarah, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Stain Watampone. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidik, 17(2), 672–682. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/download/123/71. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i2.123

Nilsook, P., Chatwattana, P., & Seechaliao, T. (2021). The Project-based Learning Management Process for Vocational and Technical Education. Higher Education Studies, 11(2), 20–29. https://doi.org/10.5539/hes.v11n2p20. DOI: https://doi.org/10.5539/hes.v11n2p20

Nurtanto, M., Pardjono, P., Widarto, W., & Ramdani, S. D. (2020). The effect of STEM-EDP in professional learning on automotive engineering competence in vocational high school. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 633–649. https://doi.org/10.17478/JEGYS.645047. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.645047

Prayogi, Rayinda Dwi; Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394. DOI: https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Qekaj-Thaqi, A., & Thaqi, L. (2021). The Importance of Information and Communication Technologies (ICT) during the COVID-19—Pandemic in Case of Kosovo (Analytical Approach of Students Perspective). OALib, 08(07), 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1106996. DOI: https://doi.org/10.4236/oalib.1106996

Rahmi, L. (2018). Perancangan E-Module Perakitan Dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105–111. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1190. DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1190

Ritonga, A. K. (2022). Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru di bidang Pendidikan Kejuruan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3042. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3042

Riyanda, A. R., & Suana, W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Adobe Flash CS6 Bagi Siswa Kelas XI RPL. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 1(2). https://doi.org/10.23960/jpvti.v1.i2.201901. DOI: https://doi.org/10.23960/jpvti.v1.i2.201901

Riyanto, Amin, M., Suwono, H., & Lestari, U. (2020). The new face of digital books in genetic learning: A preliminary development study for students’ critical thinking. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 175–190. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561

Saraswati, S., Linda, R., & Herdini, H. (2019). Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i1.18166. DOI: https://doi.org/10.17509/jsl.v3i1.18166

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860. DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sujanem, R., Nyoman Putu Suwindra, I., & Suswandi, I. (2020). The Effectiveness of Problem-Based Interactive Physics E-Module on High School Students’ Critical Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012025. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012025

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68. DOI: https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Verner, I., Massarwe, K., & Bshouty, D. (2013). Constructs of engagement emerging in an ethnomathematically-based teacher education course. Journal of Mathematical Behavior, 32(3), 494–507. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2013.06.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2013.06.002

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25648. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25648

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034

Wijaya, S. A. & J. (2021). Developing Kvisoft Flipbook Maker-Based Physics E-Module to Build on Critical Thinking Skills of Senior High School Students. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 515–521. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.074. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.074

Winangun, K. (2017). Pendidikan vokasi sebagai pondasi bangsa menghadapi globalisasi. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1493. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493

Yang, S., Fichman, P., Zhu, X., Sanfilippo, M., Li, S., & Fleischmann, K. R. (2020). The use of ICT during COVID ‐19 . Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 57(1), 1–5. https://doi.org/10.1002/pra2.297. DOI: https://doi.org/10.1002/pra2.297

Yulando, S., Sutopo, S., & Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4. DOI: https://doi.org/10.12691/education-7-10-4

Diterbitkan

2023-01-12

Cara Mengutip

Kelana, A. J., Dedy Irfan, Hasan Maksum, Rizky Ema Wulansari, & Efrizon. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN CASE METHOD PADA MATA KULIAH PENGUJIAN KENDARAAN : Validitas Ahli. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 480–486. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.57186

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama