Pengembangan Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berhemat Energi Berbasi Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Maria Angelina Yolanda Bria Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indoensia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64922

Kata Kunci:

Teaching Materials, E-modules, VAK, Science Content

Abstrak

Kurangnya kemampuan guru mengembangkan bahan ajar menyebabkan kebosanan. Sebuah e-modul pembelajaran berbasis Visual Auditori Kinesthetic (VAK) yang ditujukan untuk siswa di kelas empat sekolah dasar adalah solusi yang dapat ditawarkan peneliti. Penelitian pengembangan juga termasuk dalam penelitian ini, yang menggunakan model penelitian 4 D (Four-D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli materi dan ahli media melakukan pengujian produk, sedangkan guru dan siswa melakukan penilaian. Hasilnya menunjukkan hasil untuk ahli materi secara keseluruhan sebesar 91 persen dengan kategori sangat baik, ahli media secara keseluruhan sebesar 89 persen dengan kategori sangat baik, praktisi secara keseluruhan sebesar 95 persen dengan kategori sangat baik, dan siswa secara keseluruhan sebesar 93 persen dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang berfokus pada materi yang hemat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan.

Referensi

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 279–289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238

Agustin Adhaningrum, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746. DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Aryawan, R., Gde Wawan Sudatha, I., Wayan Ilia Yuda Sukmana, A. I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asro, N. F. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) TERHADAP Oleh Nurlaila Fatkhil Asro. Skripsi.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Basyaruddin, I., & Ellianawati, E. (2021). Pengembangan E-Module Aplikatif untuk Memperkuat Penguasaan Materi Fisika pada Kompetensi Keahlian di SMK. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 283–289. https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55700.

Bock, A., Modabber, A., Kniha, K., Lemos, M., Rafai, N., & Hölzle, F. (2018). Blended learning modules for lectures on oral and maxillofacial surgery. British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, 56(10), 956–961. https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281

Dewi, P. K., Agustiana, I. G. A. T., & Dharmayanti, P. A. (2023). The Experimental-Based Visual Auditory Kinesthetic (Vak) Learning Model Improves Elementary School Science Learning Outcomes. Mimbar Ilmu, 28(1), 138–146. https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59283. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59283

Indah Junia, N. M. I. J., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.

Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 43. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20175. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20175

Larasanty, N. K. P. I. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Berpikir Kreatif. Mimbar Ilmu, 25(Vol 25, No 3 (2020)), 391–400. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.25598.

Mohzana, Rofi’ii, A., Laratmase, A. J., Pramono, S. A., & Astuti, E. D. (2023). The Development Of E-Module Based on Science Writing Heuristic ( SWH ) To Improve the Effectiveness of Teaching and Learning Activities The Development Of E-Module Based on Science Writing Heuristic ( SWH ) To Improve the Effectiveness of Teaching and Lea. Journal for Educators,Teachers and Trainers, 14(3), 533–538. https://doi.org/10.47750/jett.2023.14.03.064. DOI: https://doi.org/10.47750/jett.2023.14.03.064

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII. Experiment: Journal of Science Education, 1(1). https://doi.org/10.18860/experiment.v1i1.11116. DOI: https://doi.org/10.17977/um067v1i3p206-215

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 41–50. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607.

Okta Priantini, D. A. M. M., & Widiastuti, N. L. G. K. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-Modules During the COVID-19 Pandemic? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parbawa, I. G. N. M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 69–74. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13896. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13896

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pristiwanti, D., Badriah, B., Hiadayat, S., & Ratna Sari Dewi. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022, 4(11). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.9571.

Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7271–7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470

Rukmana, W., Hardjono, N., & Aryana O, A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajara 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46. DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. 09(02), 193–210.

SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172

Sofyan, H., Hartati, S., Anggereini, E., Muazzomi, N., & Ramadhan, S. (2020). Developing e-module local wisdom based for learning at kindergarten in Jambi, Indonesia. Elementary Education Online, 19(4), 2074–2085. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763331. DOI: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763331

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2021). The Effect of Using Flipbook - Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156

Sukarman, Rahayu, W., & Hakim, L. El. (2021). The Effectiveness of Mathematics E-Modules with a Contextual Approach on Geometry Matters to Improving Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 10(2), 362–369. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.33530.

Suriansyah Ahmad. (2011). Landasan Pendidkan.

Susilawati, S., Pramusinta, P., & Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus Dengan Software Flipbook Maker. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38279.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Widya Adnyani, I. N., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (VAK ) Berbasis Whole Brain Teaching Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24581.

Zahara Konita, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962

Diterbitkan

2023-12-07

Cara Mengutip

Bria, M. A. Y., & I Ketut Gading. (2023). Pengembangan Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berhemat Energi Berbasi Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 454–460. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64922

Terbitan

Bagian

Articles