MODUL PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Katya Osylany Pamungkas Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.68126

Kata Kunci:

Modul Projek, Profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan

Abstrak

Masih banyak guru kesulitan dalam mengembangkan modul projek yang sesuai, sehingga berdampak pada pemahaman peserta didik yang kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik yang terdiri dan 15 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Pengembangan modul projek ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Uji efektifitas menggunakan N-gain. Hasil penelitian yaitu modul projek profil pelajar pancasila bertema kewirausahaan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Modul projek ini valid karena memenuhi kriteria isi, bahasa, dan penyajian. Validasi kelayakan modul projek profil pelajar pancasila oleh ahli media yaitu 97,5% ahli praktisi mendapatkan persentase sebesar 97,4% dan ahli materi persentase sebesar 99,3%. Pada aspek kepraktisan mendapatkan presentase 84,2 %, uji coba terbatas dan 85,8 % pada uji coba luas. Pada aspek keefektifan hasil N-gain menunjukan kategori efektif. Disimpulkan Modul projek dapat digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan peserta didik kelas IV SD.

Referensi

Aisyah, N. F., & Nawawi, E. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. Journal on Education, 05(02), 3340–3344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1006. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1006

Ambarriyah, S. B., & Fachrurrozie. (2019). Efek Efikasi Diri Pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha Mahapeserta didik. Economic Education Analysis Journal, 8(3). https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35720.

Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339.

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Wulandari, M. (2021). Male or Female, who is better? Students Perceptions of Mathematics Physics E-Module Based on Gender. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(3). https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.14830. DOI: https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i3.14830

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Iridianti, Susbiyanto, Kuswanto, & Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills. International journal of online and biomedical engineering, 15(15), 4–17. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Evy Ramadina. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175. DOI: https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252

Fardila, V., Subekti, S., & Setiawati, T. (2015). Manfaat Pembelajaran “Prakarya Dan Kewirausahaan” Dalam Penumbuhan Sikap Wirausaha Peserta didik Sman 1 Cimahi. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 4(2), 66–78. https://doi.org/10.17509/boga.v4i2.8421.

Fathorrahman, F. (2018). Analisis Model Perilaku Wirausaha Masyarakat Madura Dan Orientasi Nilai-Nilai Kesuksesan Anak. In Prosiding Universitas Wiraraja (bll 303–320).

Ghozali, S. (2020). Pengembangan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Studi Islam, 16(2). https://doi.org/10.33754/miyah.v16i2.566.

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372

Handayani, C. M. S., Wibowo, T. S., & Prabowo, T. A. (2020). Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Mahapeserta didik Program Studi Manajemen. Majalah Ekonomi, 25(2). https://doi.org/10.36456/majeko.vol25.no2.a2941. DOI: https://doi.org/10.36456/majeko.vol25.no2.a2941

Hasanah, I., Melati, H. A., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Modul Kimia Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi di Madrasah Aliyah (MA). Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikaN, 3(6), 4160–4171. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.746. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.746

Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/JEE.V4I2.3344. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Inanna, I., Ampa, A. T., & Nurdiana, N. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional LP2M UNM, 0(0).

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Kebudayaan, 16(1). https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447. DOI: https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Jamaluddin, M., & Nisa’, R. (2019). Implementasi E-Modul Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahapeserta didik STKIP Qomaruddin Gresik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.288. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v4i0.288

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta didik di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Made, I. G., Suputra, A., & Sujana, I. W. (2021). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Slolving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. 8(1), 113–121.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Endang Mulyatiningsih. UNY Press.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta didik Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275. DOI: https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275

Musdi, E., Syafriandi, & Tasman, F. (2019). Improving High School Mathematics Teacher Ability in Making E-Module in Padang Panjang City. Pelita Eksakta, 2(1), 52–56. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss1/64. DOI: https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss1/64

Mustika, I. K. (2022). Optimalisasi Tes Diagnostik BerbasisIT dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Seribit. Kalangwan: Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, XII(2), 13–22. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674. DOI: https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Nana, N. (2020). Pengembangan Inovasi Modul Digital dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring di Masa New Normal. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 5(0). https://doi.org/10.20961/Prosidingsnfa.V5I0.46607. DOI: https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v5i0.46607

Nisa, W. L., Ismet, I., & Andriani, N. (2020). Development of E-Modules Based on Multi-representations in Solid-State Physics Introductory Subject. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 73. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7690. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7690

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Peserta didik Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99–111. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27280. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27280

Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(36). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Puspita., L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi Module development based on science process skills as teaching materials in biological learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–87. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rafikayati, A., Badiah, L. I., Alifah, F. D., & Salsabila, I. B. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Inklusi. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(2), 478–485.

Rahmatunisa, N., Sofyan, H., Daryono, R. W., & Nurtanto, M. (2022). Feasibility of Clinical Dietetics E-Module to Improve Learning Achievement of Vocational Students. Journal of Education Technology, 6(1). https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41542. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41542

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Alfarisi, M. (2020). Pengembangan bahan ajar fisika dasar berbasis e-modul di pendidikan teknik bangunan universitas negeri jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36346. DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36346

Ratnawati. (2021). Pengembangan Modul Online Zat Aditif Dengan Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 193–202. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.470. DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.470

Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915. DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41

Rizkyani, M., & Wulandari, I. (2022). Arfedo Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Mensukseskan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs), 5(2). https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58325. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58325

Rudiawan, R., & Cahyono, H. (2022). Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Peserta didik. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472.

Saputra, R. A., Hariyadi, A., & ... (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP …, 7(3), 1046–1053. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268

Sari, N. M. A., & Manuaba, I. B. S. (2021). Development of Interactive E-Module Based on Human Digestive System Material Inquiry on Theme 3 About Healthy Foods for Fifth Grade Elementary School. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33297. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33297

Sari, R. U., Rusdarti, R., & Syamwil, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Sekolah Kejuruan Wilayah Kalimantan Barat. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 87–95. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13858. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13858

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(20), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154.

Setiadi, G., & Yuwita, N. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Addie Bagi Mahapeserta didik Iai Sunan Kalijogo Malang. Akademika : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 200217. https://doi.org/10.51339/akademika.v2i2.207. DOI: https://doi.org/10.51339/akademika.v2i2.207

Simamora, A. H., Sudarma, I. K., & Prabawa, D. G. A. P. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Mata Kuliah Fotografi Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Journal of Education Technology, 2(1), 51. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13809. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13809

Simangunsong, A. D. B., & Pane, E. P. (2021). Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Discovery Learning pada Materi Stoikiometri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4415–4425. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1472. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1472

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413–420. https://doi.org/10.29210/30032075000. DOI: https://doi.org/10.29210/30032075000

Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi Untuk Mensukseskan Program Mahapeserta didik Wirausaha. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385. DOI: https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385

Wani, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Arias Materi Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Bagi Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.59. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.59

Wikanengsih, Nofiyanti, & Permana. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Terhadap Rpp Yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 2(1). https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p106-119.170. DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p106-119.170

Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Wiratama, G. N. K., & Margunayasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. Mimbar Pgsd, 9(2), 175–182. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805

Yasa, Ariawan, & Sutaya. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI MIPA dan IPS DI SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 199–209. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107

Diterbitkan

2023-12-07

Cara Mengutip

Pamungkas, K. O., Nur Ngazizah, & Arum Ratnaningsih. (2023). MODUL PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 352–360. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.68126

Terbitan

Bagian

Articles