Analisis Tidak Tercapainya Standar Kinerja Karyawan Pada Unit Pemasaran di UD Sari Bhuana Electronic and Furniture (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Authors

  • Putu Wijayanti Pratikaningsih .
  • Fridayana Yudiaatmaja,M.Sc .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) penyebab tidak tercapainya standar kinerja, (2) dampak tidak tercapainya standar kinerja, (3) upaya untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah UD Sari Bhuana Electronic and Furniture, sedangkan objeknya adalah penyebab tidak tercapainya standar kinerja, dampak tidak tercapainya standar kinerja, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, sampel dipilih secara purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, pencatatan dokumen, dan triangulasi serta dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyebab tidak tercapainya standar kinerja karyawan disebabkan dari aspek karyawan, aspek perusahaan, dan aspek pelanggan, (2) dampak yang ditimbulkan adalah pendapatan karyawan berkurang, laba dan volume penjualan menurun (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan pelatihan, memberikan arahan dan bimbingan, serta melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.
Kata Kunci : standar kinerja

This study aimed to obtain descriptive findings regarding (1) the cause of not achieving performance standards, (2) the impact of not achieving performance standards, (3) the efforts made so employees can achieve performance standards. This research uses descriptive research design with a qualitative approach. The subjects were UD Sari Bhuana Electronic and Furniture, while the object is the cause of not achieving the standard of performance, the impact of not reaching performance standards, and the efforts made so employees can achieve performance standards. This study is a sample, the sample is selected by purposive sampling and snowball sampling. Data collected by participant observation techniques, in-depth interviews, recording documents and triangulation then analyze with descriptive analysis method. The results showed that (1) the cause of not achieving the standards of employee performance resulting from three aspects: employees, aspects of the company, and aspects of the customer, (2) the impact is the employee income reduced, profits and sales volumes decreased (3) the efforts is to conduct training, provide direction and guidance, as well as monitoring and periodic evaluation.
keyword : standard of performance

Published

2016-06-22

How to Cite

., P. W. P., ., F. Y., & ., D. W. B. M. (2016). Analisis Tidak Tercapainya Standar Kinerja Karyawan Pada Unit Pemasaran di UD Sari Bhuana Electronic and Furniture (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/7066

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>