ANALISIS PENURUNAN KINERJA KARYAWAN (Sebuah Kajian dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Authors

  • Luh Eni Evayanti .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Fridayana Yudiaatmaja,M.Sc .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, (1) Penurunan kinerja karyawan pada koperasi karya mandiri, (2) dampak penurunan kinerja karyawan bagi penerus pegawai dan anggota, dan (3) upaya yang dilakukan oleh Koperasi Karya Mandiri untuk meningkatkan kinerja masing-masing karyawan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Penyebab penurunan kinerja pada koperasi karya mandiri disesbabkan dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, (2) dampak dari penurunan kinerja karyawan pada koperasi karya mandiri dapat dilihat dari 3 aspek yaitu, dari pihak pengurus mendapatkan dampak mengenai keagagalan didalam megurus dan memantau perkembangan setiap karyawan, dari pihak karyawan dampak yang diberikan adalah kompensasi yang diterima akan berkurang setiap bulannya, dari pihak anggota akan merasa terhambat didalam melakukan pengembangan koperasi yang akan dilakukan anggota koperasi, (3) upaya yang dilakukan oleh koperasi karya mandiri untuk menanggulangi penurunan kinerja karyawan dapat dilihat dari 3 aspek yaitu memulai melaksanakan seleksi karyawan untuk karyawan baru, melaksakan program pelatihan guna untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh setiap karyawan, dan menerapkan sistem target pada setiap karyawan agar karyawan memiliki sesuatu yang dicapai.
Kata Kunci : kinerja karyawan, manajemen sumber daya manusia

This study aims to describe, (1) Decrease in employee performance in cooperative work independently, (2) the impact of employee performance drop for the successor to employees and members, and (3) the efforts made by the Cooperative Karya Mandiri to increase the performance of each employee. Data used in this study is qualitative data and data sources used in this study are primary data. The instrument of this research is the human instrument. Data collection techniques used in this study are in-depth interviews, observation, documentation and triangulation. Data analysis techniques used in this research is descriptive. These results indicate that, causes a decrease in the performance of the cooperative work of independent disesbabkan of two factors: internal factors and external factors, (2) the impact of the decline in the performance of employees in the cooperative work of self can be viewed from three aspects, namely, from the board feels the impact and monitor the development of each employee, from the employees of their impact is the compensation received will be reduced each month, party members will feel constrained in making development cooperation that will be members of the cooperative, (3) the efforts made by the cooperative work independently to cope decrease employee performance can be viewed from three aspects: the selection of employees to begin implementing new employees, carry out the training program in order to enhance the potential of every employee, and implement the target system on each employee so that the employee had accomplished something.
keyword : Performance, human resources manajemen

Published

2016-07-29

How to Cite

., L. E. E., ., D. W. B. M., & ., F. Y. (2016). ANALISIS PENURUNAN KINERJA KARYAWAN (Sebuah Kajian dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/8060

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>