Pengaruh Biaya Promosi dan Tarif Kamar terhadap Pendapatan Hotel Damai di Singaraja Tahun 2013

Penulis

  • Made Adi Armana Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Kirya Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suwendra Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Biaya Promosi, Tarif Kamar, Pendapatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) biaya promosi dan tarif kamar secara simultan terhadap pendapatan Hotel. (2) biaya promosi secara parsial terhadap pendapatan Hotel dan (3) tarif kamar secara parsial terhadap pendapatan di Hotel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah Hotel Damai di Singaraja dan objeknya adalah biaya promosi, tarif kamar dan pendapatan tahun 2013. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, data dikumpulkan dengan pencatatan dokumentasi dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh secara simultan dari biaya promosi dan tarif kamar terhadap pendapatan, (2) ada pengaruh secara parsial dari biaya promosi terhadap pendapatan, dan (3) ada pengaruh parsial dari tarif kamar terhadap pendapatan Hotel.

Referensi

Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.

Henry Simamora. 2002. Akuntansi Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.

Husein Umar. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Cetakan kedua. Gramedia, Jakarta: Pustaka Utama.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1991. Principle of Marketing, Fifth edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jakarta: Prenhalindo.

Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate) (Prinsip, Prosedur, dan Metode), Malang: Universitas Brawijaya.

Machfoedz, Mahmud, 2010. Komunikasi Pemasaran Modern, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Nastalia, Hetty. 2013. Pengaruh Biaya Promosi terhadap Penjualan pada PT. Mahakam Vision Network di Samarinda, Samarinda: e-Journal Ilmu Administrasi Bisnis.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, Basu DH dan irawan, 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua, Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu DH dan irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: BPFE.

Theodorus M. Tuanakotta. 2000. Teori Akuntansi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 1997. “Prinsip - prinsip Total Quality Service”. Yogyakarta : CV.AndiOffset.

Tjiptono. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Diterbitkan

2018-07-20

Cara Mengutip

Armana, M. A., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2018). Pengaruh Biaya Promosi dan Tarif Kamar terhadap Pendapatan Hotel Damai di Singaraja Tahun 2013. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(2), 79–87. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38241

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>