Media Animation Pop-Up Book Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Meningkatkan Multiliterasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Komang Dewi Widiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.58322

Keywords:

Animation, Pop-Up Book, Phenomenon Based Learning, Multiliterasi

Abstract

Multiliterasi merupakan paradigma baru dalam pendidikan yang diharapkan mampu memberikan kecakapan kompleks bagi siswa sesuai kebutuhan pembelajaran abad 21. Namun, sekarang ini khususnya di sekolah dasar belum maksimal diterapkannya multiliterasi, sehingga diperlukan adaptasi baru dalam pembelajaran. Hal ini dapat diwujudkan dengan pengembangan media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas media berbasis Phenomenon Based Learning untuk meningkatkan multiliterasi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D). Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang ahli, 1 orang guru, dan 29 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one group pre test-post test. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning efektif meningkatkan multiliterasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan multiliterasi siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Published

2023-02-09

How to Cite

Widiani, K. D., & Suarjana, I. M. (2023). Media Animation Pop-Up Book Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Meningkatkan Multiliterasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.58322