Media Animation Pop-Up Book Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Meningkatkan Multiliterasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.58322Keywords:
Animation, Pop-Up Book, Phenomenon Based Learning, MultiliterasiAbstract
Multiliterasi merupakan paradigma baru dalam pendidikan yang diharapkan mampu memberikan kecakapan kompleks bagi siswa sesuai kebutuhan pembelajaran abad 21. Namun, sekarang ini khususnya di sekolah dasar belum maksimal diterapkannya multiliterasi, sehingga diperlukan adaptasi baru dalam pembelajaran. Hal ini dapat diwujudkan dengan pengembangan media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas media berbasis Phenomenon Based Learning untuk meningkatkan multiliterasi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D). Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang ahli, 1 orang guru, dan 29 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one group pre test-post test. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning efektif meningkatkan multiliterasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan multiliterasi siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 omang Dewi Widiani, I Made Suarjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)