Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi Masalah Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Intan Camarini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.62701

Keywords:

Aplikasi digital, studi masalah, guru sekolah dasar

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran adalah kurangnya penguasaan teknologi digital, terutama dalam memanfaatkan aplikasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru sekolah dasar menggunakan aplikasi digital dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan populasi sebanyak 56 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument berupa angket. Data kuantitatif yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan informasi terbaru terkait problematika guru sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi digital berada pada kategori sedang. Problematika yang dihadapi guru-guru yaitu sebagian besar guru masih belum mampu menguasai aplikasi digital. Faktor-faktor yang memengaruhi guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu: 1) membuat pekerjaan lebih mudah dan efektif; 2) mudah dipelajari dan digunakan; dan 3) tidak terikat waktu atau tempat. Maka dari itu, dapat diketahui bahwa aspek utama yang menjadi problematika guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu aspek keterampilan dan aspek ekonomi.

References

Abidah. (2020). Peran Aplikasi Wa Sebagai Media Pembelajaran Dalam. Bidayah, 11, 87–100. https://doi.org/10.47498/bidayah.v11i1.311.

Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/499.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609.

Artanti, I. D. A. N., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2023). Media Interactive Board Game Berbasis Phenomenon Based LearningUntuk Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 94–101. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.57860.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pendemi Covid-19 dan Solusi Permasalahannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan)Osial Dan Pendidikan), 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512.

Chief, E. I. (2019). Blendend Learning, Model Pembelajaran Abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 24(2), 233–237. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tjie.v24i2.4833.

Handayani, E. T., & Aminatun, D. (2020). Students’ Point of View on the Use of Whatsapp Group To Elevate Writing Ability. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(2), 31–37. https://doi.org/10.33365/jeltl.v1i2.602.

Hasanah, M. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group (WAG) Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.425.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.

Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404.

Khairiyah, U., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 125–131. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690.

Khasanah, K., Nasan, E., & Jus’aini, J. (2021). Whatsapp Group Media Effectiveness Learning. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 47–75. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339.

Kurniawan, A. (2021). Efektifitas Media Online yang digunakan dalam Proses Pembelajaran Daring. Palapa, 9(1), 18–30. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.928.

Küsel, J., Martin, F., & Markic, S. (2020). University students’ readiness for using digital media and online learning—Comparison between Germany and the USA. Education Sciences, 10(11), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10110313.

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1294.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a.

Mahlopi. (2022). Supervisi Pendidikan Era Teknologi 5.0. Adiba: Journal of Education, 2(1), 133–141. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/79.

Monika, T. S., Julia, J., & Nugraha, D. (2022). Peran dan Poblematika Guru Mengembangkan Keterampilan 4C Abad 21 Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 884–897. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2672.

Mu’minah, L. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 5(2), 23–36.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1). https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77.

Permatasari, M. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom Dan Zoom Cloud Meeting) Di Smk Negeri 1 Tanjung Palas. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480.

Prisuna, B. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Meet terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 137–147. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39160.

Puspa, K. C. D., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran GameEdukasi Berbasis Websitepada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.618.

Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598.

Riastini, P. N. (2021). Barriers to Elementary School Teachers ’ Professional Practice: Teachers ’ Voice. Ilkogretim Online, 20(1), 1086–1097. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.101.

Rohman, M. (2016). Problematika Guru dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 51. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.616.

Rosmalina, A. (2022). Dakwah Literasi Digital Terhadap Perilaku Generasi Milenial Dalam Bermedia Sosial. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 64–77. https://doi.org/10.24235/orasi.v13i1.10443.

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047.

Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2021). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899.

Setyawati, D., Ernaningsih, D., & Syafriati, Y. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning Madrasah Pada Pembelajaran Tatap Muka. Syntax Transformation, 3(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/10.46799/jst.v3i09.614.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Probematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107–118. Retrieved from https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/view/2185.

Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis Berkomunikasi Dalam Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Di SDN 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–22. Retrieved from

Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–176. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538.

Widhiarto, B. S., Noviasari, A., & Rahmawati, T. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Geografi melalui Google Classroom di SMA N 1 Nguter. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(4), 197–206. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.194.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Widiyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan LMS dan Aplikasi Telegram terhadap Aktivitas Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 91–101. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37857.

Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692.

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Camarini, N. P. I., Riastini, P. N. ., & Suarjana, I. M. . (2024). Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi Masalah Guru Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 158–165. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.62701

Issue

Section

Articles