Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi Masalah Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.62701Keywords:
Aplikasi digital, studi masalah, guru sekolah dasarAbstract
Masalah yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran adalah kurangnya penguasaan teknologi digital, terutama dalam memanfaatkan aplikasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru sekolah dasar menggunakan aplikasi digital dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan populasi sebanyak 56 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument berupa angket. Data kuantitatif yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan informasi terbaru terkait problematika guru sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi digital berada pada kategori sedang. Problematika yang dihadapi guru-guru yaitu sebagian besar guru masih belum mampu menguasai aplikasi digital. Faktor-faktor yang memengaruhi guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu: 1) membuat pekerjaan lebih mudah dan efektif; 2) mudah dipelajari dan digunakan; dan 3) tidak terikat waktu atau tempat. Maka dari itu, dapat diketahui bahwa aspek utama yang menjadi problematika guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu aspek keterampilan dan aspek ekonomi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)