Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi Masalah Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Intan Camarini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.62701

Keywords:

Aplikasi digital, studi masalah, guru sekolah dasar

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran adalah kurangnya penguasaan teknologi digital, terutama dalam memanfaatkan aplikasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika guru sekolah dasar menggunakan aplikasi digital dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan populasi sebanyak 56 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument berupa angket. Data kuantitatif yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan informasi terbaru terkait problematika guru sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi digital berada pada kategori sedang. Problematika yang dihadapi guru-guru yaitu sebagian besar guru masih belum mampu menguasai aplikasi digital. Faktor-faktor yang memengaruhi guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu: 1) membuat pekerjaan lebih mudah dan efektif; 2) mudah dipelajari dan digunakan; dan 3) tidak terikat waktu atau tempat. Maka dari itu, dapat diketahui bahwa aspek utama yang menjadi problematika guru dalam menggunakan aplikasi digital yaitu aspek keterampilan dan aspek ekonomi.

Published

2024-08-05

How to Cite

Camarini, N. P. I., Riastini, P. N. ., & Suarjana, I. M. . (2024). Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi Masalah Guru Sekolah Dasar . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.62701

Issue

Section

Articles