Strategi Kreatif Media PAKADES pada Pembelajaran Konsep Dasar Perkalian untuk Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi

Authors

  • Ni Putu Ratna Swinita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ayu Putu Sukma Trisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.63499

Keywords:

tunarungu, perkalian dasar, media konkrit

Abstract

Penyampaian materi ke siswa tunarungu masih menggunakan buku siswa serta metode ceramah dikarenakan kurangnya pemanfaatan media konkret untuk pembelajaran Matematika materi konsep dasar perkalian bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media PAKADES pada materi konsep dasar perkalian kelas II untuk siswa tunarungu di sekolah inklusi yang memiliki validitas tinggi dan mendapat respons yang baik dari praktisi. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk penelitian dan pengembangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD, dua ahli media, dua guru, dua siswa tunarungu, dan dua siswa mendengar. Metode analisis data deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif digunakan. Kuesioner, observasi, dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data primer, beserta alat-alat seperti lembar skala penilaian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Media pembelajaran Papan Perkalian Cerdas (PAKADES) adalah media pembelajaran konkret berbentuk papan horizontal dengan tampilan operasi dasar perkalian, 2) Media pembelajaran Papan Perkalian Cerdas (PAKADES) memperoleh hasil uji validitas isi sebesar 0,92 sehingg memiliki tingkat validitas isi sangat valid, 3) Respons praktisi terhadap media pembelajaran Papan Perkalian Cerdas (PAKADES) menunjukkan hasil 96% sehingga dinyatakan sangat baik. Simpulan dari penelitian ini, media yang dikembangkan valid dan mendapat respons yang baik dari praktisi.  

References

Agustin, I. (2022). Analisis Interaksi Sosial Siswa Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p29-38.

Alpian, Y., & Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Alvario, P. (2016). Efektivitas Media Papan Flanel dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian pada Anak Tunarungu Kelas IV di SDN.No.35 (SDLB) Painan Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 5(35). https://doi.org/10.24036/jupe76640.64.

Artha, W. A., & Putra, dewa bagus ketut ngurah. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Model Analysis Design Development Imlementation Evaluation Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 2 Pejeng Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32974.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Cahyono, G. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Visual Bagi Anak Tuna Rungu. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(1), 81–98. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.850.

Dian, G. P. (2021). The effect of the mathemagics method on mathematics learning outcomes in multiplication for deaf student elementary grade 5a in SLB b karnnamanohara. Jurnal Widia Ortodidaktika, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6838.

Ediyanto, Atika, I. N., Kawai, N., & Prabowo, E. (2017). Inclusive Education in Indonesia From the Perspective of Widyaiswara in Centre for Development and Empowerment of Teachers and Education Personnel of Kindergartens and Special Education. IJDS : Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 04–116. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.004.02.3.

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., & ... (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan …, 5, 4525–4530. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1598.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141.

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1151.

Inna Hamida Zusfindhana. (2020). Peningkatan Kemampuan Perkalian 10-20 melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Tunarungu di SLB-B dan Autis TPA Jember. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2282.

Iskandar, R., & Supena, A. (2021). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 124. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018.

Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91.

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, & Sri Utami, Y. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 4(01), 12–19. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1809.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Lastaria, L., & Istiqlaliyah, I. (2019). Problematika Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(1), 10–23. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.878.

Lestari, A., Setiawan, F., & Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703.

Leton, I., Lakapu, M., Djong, K. D., Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Dosinaeng, W. B. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Visual dan Realistik bagi Siswa Tunarungu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 23. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4614.

Maskun, M., & Abror, M. (2021). Konsep Pendidikan Bagi Anak Dengan Problematika Belajar. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1210–1215. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16538.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.

Mukarromah, L., Apriyanto, D., & Verawati, Y. (2020). The Designing of CAHWANI Based on IoT as an Alternative Media for Mathematics Learning With Islamic Character In Inclusive Schools. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.36835/axi.v5i2.733.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762.

Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 749–754. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.143.

Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2021). Studi Tentang Pembelajaran Vokasional Bagi Anak Tunarungu Di SMPN 28 Surabaya. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 77–83. https://doi.org/10.36456/special.vol2.no1.a3888.

Rahayu, S., & Khasanah, B. A. (2022). Pengembangan Media Visual Arstorling pada Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9572.

Rasmitadila, Humaira, M. A., Aliyyah, R. R., & Rachmadtullah, R. (2021). Perceptions of student teachers on collaborative relationships between university and inclusive elementary schools: A case study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10), 274–290. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.10.15.

Riter, J., Suryono, C. A., & Pratikto, I. (2018). Pemetaan Karakteristik Fisika-Kimia Perairan Dan Pemodelan Arus Di Kabupaten Sidoarjo. Journal of Marine Research, 7(3), 223–230. https://doi.org/10.14710/JMR.V7I3.25914.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.27.

Septiyani, V., Hartatiana, H., & Wardani, A. K. (2021). Media Pembelajaran Puzzle pada Bangun Datar Jajargenjang untuk Anak Tunarungu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25–36. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.854.

Sholehen, A., Pralampito, F., Galih, A., Ghaus, A., Airina, A., & Purnami, N. (2020). The Role of Family Intervention in Early Detection of Congenital Deafness: a Case Study. Journal of Community Medicine and Public Health Research, 1(2), 98. https://doi.org/10.20473/jcmphr.v1i2.21702.

Sitepu, S. A. B., & Sitepu, M. S. (2022). Pengaruh Media TAKALINTAR terhadap Keterampilan Operasi Hitung Perkalian pada Siswa Kelas IV SDN 066657 Martubung. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225–234. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13288.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206.

Syarifuddin, Ilyas, J. B., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Kantor Dinas di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/biemr.v1i2.102.

Tedla, T., & Negassa, D. (2019). The Inclusive Education for Deaf Children in Primary, Secondary and Preparatory Schools in Gondar, Ethiopia. Jurnal Humaniora, 31(2), 177. https://doi.org/10.22146/jh.v31i2.44767.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Untari, E. (2017). Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108.

Wasitohadi, W. (2014). Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61.

Wibowo, S. B., & Muin, J. A. (2018). Inclusive Education in Indonesia: Equality Education Access for Disabilities. KnE Social Sciences, 3(5), 484. https://doi.org/10.18502/kss.v3i5.2351.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Swinita, N. P. R. ., Suarjana, I. M., & Trisna, G. A. P. S. . (2024). Strategi Kreatif Media PAKADES pada Pembelajaran Konsep Dasar Perkalian untuk Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 173–182. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.63499

Issue

Section

Articles