Modul Ajar Digital Praktikum Pendidikan Matematika Kelas Tinggi di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.61523Kata Kunci:
modul ajar digital, matematika, simetri lipat, simetri putar, pencerminanAbstrak
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan modul ajar cetak yang masih konvensional belum mampu memaksimalkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat, simetri putar dan pencerminan yang baik digunakan dalam pembelajaran dengan menguji validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli desain, 2 orang dosen dan 12 mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan pendidikan matematika di kelas tinggi SD, sedangkan objek uji produk dalam pengembangan ini adalah validitas dan kepraktisan modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat simetri putar dan pencerminan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode wawancara dan metode kuesioner dengan menggunakan rating scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prototype media yang dikembangkan terdiri dari 3 bagian utama yaitu tampilan pembuka, inti dan penutup, (2) hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 95,3%, ahli desain 92% dan ahli media 92,6% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil uji kepraktisan menunjukan rata-rata skor uji perorangan sebesar 92,6%, uji kelompok kecil 93,3% dan oleh praktisi sebesar 95,5%. Simpulan dari penelitian ini, modul ajar digital praktikum pendidikan matematika kelas tinggi di SD pada topik simetri lipat, simetri putar dan pencerminan yang dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dalam pembelajaran.
Referensi
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180–189. https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JFKIP/article/download/84/58.
Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019. DOI: https://doi.org/10.32533/03105.2019
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomena Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74–88. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Febrilyani, W. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 102. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244. DOI: https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244
Fitriasari, P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Geometri Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3455. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3455
Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047. DOI: https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047
Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021a). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021b). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172
Hurriyah, Wahyuni, D., & Sari, M. (2020). Efektifitas e-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 180–189. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709.
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Jusmawati, Satriawati, & Sabillah, B. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 106–111. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3934.
Khairunnas, M. (2021). Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 6(1), 61–76. https://doi.org/10.24256/kelola.v6i1.1766.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Lisnasari, S. F., Siregar, H. T., Tarigan, R. M. br, & Suciawati, H. (2023). Analisis Pelaksanaam Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 7(1), 240. https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244. DOI: https://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.240-244
Maharani, I. N., Kunci, K., Bahan, :, Matematika, A., Konsep, P., & Bilanga, O. (2017). Model Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.54.
Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(1), 17. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322
Maulana, F., Supriadi, & Ustafiano, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada SMK Negeri 5 Pekanbaru. ABDIMAS Lectura, 1(1), 60–66. https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/13137.
Mu’arif, A. N., Damayanti, F., Akmalia, R., Arsfenti, T., & Darmadi, D. (2021). Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Pakpahan, I. P., Selegi, S. F., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. Jurnal Ilimiah Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.649.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123
Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817
Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 38–50. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/439/pdf. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Qoridatullah, A., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.494. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.494
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/ view/460.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561
Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas Xii Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 47–59. https://media.neliti.com/media/publications/374767-none-a44b8d51.pdf.
Siregar, A. N., & Lubis, W. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Educandum, 10(1), 1–12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/em/article /viewFile/9737/8884.
Sumarto, S., Harahap, E. K., & Kasman, K. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiologi, 2(2), 13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48
Sya’idah. (2022). Pentingnya Pendidikan Nilai terhadap Siswa Sekolah Dasar di Era Global. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 11819–11824. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4326.
Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(2), 48–51. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7103. DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7103
Wilujeng, I., & Putri, T. S. Y. (2020). Development of SETS E-Module Integrated with POE Model for Science Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 252–264. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14735. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14735
Winatha, komang redy, Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238
Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)