Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang digunakan Mahasiswa PPG dalam Jabatan K1 G2 Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.66473Keywords:
Media Pembelajaran, TPACK, Bahasa IndonesiaAbstract
Di zaman revolusi industri 4.1, teknologi berkembang sangat cepat sehingga guru dan siswa harus bisa mengaplikasikannya dengan bijak. Oleh karena itu, penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran menjadi sangat penting di era ini. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Variasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK yang Digunakan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Bahasa Indonesia yang berjumlah 33 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode dokumetasi dan observasi. Teknik yang digunakan untuk mengolah data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu variasi media pembelajaran berbasis technological pedagogical content knowledge (TPACK) yang digunakan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Bahasa Indonesia meliputi salindia, video youtube, google form, kahoot, quizziz, group whatsApp, google classroom, canva, instagram, dan google drive. Implementasi variasi media pembelajaran berbasis technological pedagogical content knowledge (TPACK) yang digunakan secara umum implementasi variasi media pembelajaran berbasis TPACK yang lebih banyak menggunakan media salindia, video pembelajaran, group whatsApp, dan google form.
References
Absari, N., Priyanto, P., & Muslikhin, M. (2020). The effectiveness of technology, pedagogy and content knowledge (TPACK) in learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 43–51. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.24012. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.24012
Ambarita, A. (2020). Pembentukan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SD melalui Hybrid Learning pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 68. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107571. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107571
Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028. DOI: https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028
Candra, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Fahmi, C. N., Nurliza, E., AR, M., & Usman, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 104–119. https://doi.org/10.32672/si.v30i2.755. DOI: https://doi.org/10.32672/si.v30i2.755
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994. DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140. DOI: https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Lutfi, S., Ismatullah, K., & Nur Kholiso, Y. (2021). Developing Interactive Learning Multimedia for Mathematics Subject in Junior High School Grade VIII Student East Lombok. Indonesian Journal of Innovation and Applied Sciences (IJIAS), 1(2), 105–112. https://doi.org/10.47540/ijias.v1i2.237. DOI: https://doi.org/10.47540/ijias.v1i2.237
Mashurwati, Y. (2018). Penerapan inventory tes gaya belajar remaja dengan aplikasi google form, media sosial serta pengembangan program layanan bimbingan dan konseling terkait. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/120182131. DOI: https://doi.org/10.29210/120182131
McDougall, J., & Potter, J. (2019). Digital media learning in the third space. Media Practice and Education, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/25741136.2018.1511362. DOI: https://doi.org/10.1080/25741136.2018.1511362
Miyanti, I. N. (2021). Blended Learning Menggunakan Whatsapp Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.8i1.9810. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9810
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.4321/IJEMAR.V4I1.4381.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizziz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129
Mulyana. (2017). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Parameter: Jurnal Pendidikan , 29(1), 39–45. https://doi.org/10.21009/parameter.291.05. DOI: https://doi.org/10.21009/parameter.291.05
Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the Covid-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526
Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181
Oktarina, R., Ambiyar, A., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of Education Technology, 5(1), 159–166. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435
Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), 30. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651
Priantini, Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Rahim, A., Hamdi, S., & Arcana, I. N. (2020). Developing Bilingual Learning Multimedia in Integral Application Learning Material For Vocational School. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 201–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6816. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6816
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Reyes, V. C., Reading, C., Doyle, H., & Gregory, S. (2017). Integrating ICT into teacher education programs from a TPACK perspective: Exploring perceptions of university lecturers. Computers and Education, 115, 1–19. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.009
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di TK Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Rohmawati, E., & Kristanto, V. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Geogebra Pada Sub Pokok Bahasan Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 78–88. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1186. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1186
Rohmitawati, R. (2018). The implementation of TPACK (yechnology, pedagogy, and content knowledge) framework on indonesian online mathematics teachers training. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.46517/seamej.v8i1.64. DOI: https://doi.org/10.46517/seamej.v8i1.64
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varidika, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kompetensi Pedagogik, Kontribusi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sport, 6(2), 198–204. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17397.
Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95. https://doi.org/10.52220/SIKIP.V1I2.57. DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57
Siregar, E. S., Kurniati, R., & Rahayu, S. (2022). Multimedia as a Learning Tool in Training Reading Skills of Elementary Schools Students. Journal of Education Technology, 6(2), 299–307. https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.44601. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.44601
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Suardika, I. K. (2020). Using WhatsApp for Teaching a Course on The Education Profession: Presence, Community and Learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 12(1), 17–32. https://doi.org/10.4018/IJMBL.2020010102. DOI: https://doi.org/10.4018/IJMBL.2020010102
Syamdianita, & Cahyono, B. Y. (2021). The efl pre-service teachers’ experiences and challenges in designing teaching materials using tpack framework. Studies in English Language and Education, 8(2), 561–577. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.19202. DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.19202
Ulyana, A., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas VII. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p081. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p081
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Yufita, Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1283. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1283
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)