Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Melalui Model Kooperatif TGT Berbantuan Crossword Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74417Keywords:
Team Game Tournament, Crossword Puzzle, Hasil Belajar IPAAbstract
Suasana kelas dan aktivitas belajar yang tidak menyenangkan dapat mengakibatkan siswa cenderung cepat bosan dan tidak semangat memahami materi pembelajaran, dampak dari keberlanjutan hal tersebut adalah tidak optimalnya pencapaian hasil belajar siswa. Adanya permasalahan tersebut mendorong penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 588 siswa yang terdiri dari 19 kelas, Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,d). Hasil analisis data diperoleh sebesar 3,032 dan nilai pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,999. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media crossword puzzle dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media crossword puzzle (menggunakan model konvensional). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Team Game Tournament berbantuan media Crossword Puzzle memberikan pengaruh positif yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Kedepannya perlu dikembangkan model pembelajaran inovatif dan ditunjang dengan media pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan karakteristik siswa agar dapat mengoptimalkan pencapaian hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran yang aktif, kreatif dan bermakna.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anak Agung Sagung Ratu Nariswari, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)