Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Ni Kadek Siska Pradila Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62890

Keywords:

Realistic Mathematic Education, Media Konkret

Abstract

Hasil PISA menunjukkan kompetensi Matematis siswa di Indonesia terbilang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 118 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 21. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dengan jenis tes pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,31 dengan kategori tinggi, dan skor post-test pada kelompok kontrol adalah 65,24 dengan kategori sedang. Uji-t menunjukkan thitung (9,247) lebih besar daripada ttabel (2,014) dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5%. H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran realistic mathematics education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Indonesia.

Published

2024-01-31

How to Cite

Pradila, N. K. S., Agustika, G. N. S. ., & Wiyasa, I. K. N. . (2024). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62890

Issue

Section

Articles