Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62890Keywords:
Realistic Mathematic Education, Media KonkretAbstract
Hasil PISA menunjukkan kompetensi matematis siswa di Indonesia terbilang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 118 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 21. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dengan jenis tes pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,31 dengan kategori tinggi, dan skor post-test pada kelompok kontrol adalah 65,24 dengan kategori sedang. Uji-t menunjukkan thitung (9,247) lebih besar daripada ttabel (2,014) dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5%. H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar di Indonesia.
References
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Anggreni, N. W. D., Sukajaya, I. N., & Ardana, I. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran RESIK dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/JJPM.V10I1.19904. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19904
Aningsih, A., & Ansida, M. (2022). Gambaran Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(1), 29–38. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4605. DOI: https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4605
Arikunto, & Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 481. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI (Nurjannah (ed.); Pertama). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67. DOI: https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/JPPP.V4I2.26781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937. DOI: https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164. DOI: https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164
Hasratuddin. (2008). Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah Dan Alternatif Pemecahannya. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 67–73. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i1.688
Iriana, A., Munandar, A. H., & Susilawati, T. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME). 5(2), 222–233. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek.
Juhana Senjaya, A., Sudirman, & Supriyatno. (2017). Kesulitan-Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut Di Smp N 4 Sindang. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 11–28. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32
Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Kumara, D., Japa, I. G. N., & Jayanta, I. N. L. (2022). Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sumber Daya Alam dengan Media Videoscibe. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Lemes, I. N., & Sastrawan, K. W. (2017). Koefisien Reliabilitas Tes Hasil Belajar Mahasiswa yang Terdiri Atas Campuran Butir Tes pilihan Ganda dan Esai. Prosiding Seminar: Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi, 2017, 162–177.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nur, F., & Angriani, A. D. (2021). Meta Analisis: Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 109. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a9.2021. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a9.2021
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Putri, N. K. A. T. P., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Pembelajaran RESIK berbantuan Media Komik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 144–154. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58808. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58808
Rosita, I., & Muftianti, A. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Dengan Metode Classwide Peer Tutoring. COLLASE (Creative of Learning Students …, 04(04), 553–557. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5430.
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234
Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104
Setiawan, K. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jutusan Argonomi Dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 186.
Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473
Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 3–4. https://doi.org/https://lms.syam-ok.unm.ac.id/pluginfile.php/408559/mod_resource/content/1/PERTEMUAN%205.%20Populasi%20dan%20Sampel.pdf.
Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786
Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 1 X Koto Diatas. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2), 133–140. https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Siska Pradila, Gusti Ngurah Sastra Agustika, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)