Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Ni Kadek Siska Pradila Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62890

Keywords:

Realistic Mathematic Education, Media Konkret

Abstract

Hasil PISA menunjukkan kompetensi matematis siswa di Indonesia terbilang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 118 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 21. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dengan jenis tes pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 82,31 dengan kategori tinggi, dan skor post-test pada kelompok kontrol adalah 65,24 dengan kategori sedang. Uji-t menunjukkan thitung (9,247) lebih besar daripada ttabel (2,014) dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5%. H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media konkret dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar di Indonesia.

References

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Anggreni, N. W. D., Sukajaya, I. N., & Ardana, I. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran RESIK dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/JJPM.V10I1.19904. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19904

Aningsih, A., & Ansida, M. (2022). Gambaran Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(1), 29–38. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4605. DOI: https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4605

Arikunto, & Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 481. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784

Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI (Nurjannah (ed.); Pertama). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67. DOI: https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.67

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/JPPP.V4I2.26781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.796

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937. DOI: https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164. DOI: https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164

Hasratuddin. (2008). Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah Dan Alternatif Pemecahannya. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 67–73. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v4i1.688

Iriana, A., Munandar, A. H., & Susilawati, T. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME). 5(2), 222–233. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek.

Juhana Senjaya, A., Sudirman, & Supriyatno. (2017). Kesulitan-Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut Di Smp N 4 Sindang. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 11–28. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32

Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Kumara, D., Japa, I. G. N., & Jayanta, I. N. L. (2022). Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sumber Daya Alam dengan Media Videoscibe. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8. DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Lemes, I. N., & Sastrawan, K. W. (2017). Koefisien Reliabilitas Tes Hasil Belajar Mahasiswa yang Terdiri Atas Campuran Butir Tes pilihan Ganda dan Esai. Prosiding Seminar: Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi, 2017, 162–177.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nur, F., & Angriani, A. D. (2021). Meta Analisis: Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 109. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a9.2021. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a9.2021

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Putri, N. K. A. T. P., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Pembelajaran RESIK berbantuan Media Komik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 144–154. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58808. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58808

Rosita, I., & Muftianti, A. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Dengan Metode Classwide Peer Tutoring. COLLASE (Creative of Learning Students …, 04(04), 553–557. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5430.

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234

Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 249–265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104

Setiawan, K. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jutusan Argonomi Dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 186.

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 3–4. https://doi.org/https://lms.syam-ok.unm.ac.id/pluginfile.php/408559/mod_resource/content/1/PERTEMUAN%205.%20Populasi%20dan%20Sampel.pdf.

Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786

Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 1 X Koto Diatas. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2), 133–140. https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Pradila, N. K. S., Agustika, G. N. S. ., & Wiyasa, I. K. N. . (2024). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62890

Issue

Section

Articles