Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Talking Stick berbantuan buku cerita dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non equivalent control group design. Dalam penelitian ini untuk menentukan sampel dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu sejumlah 308 siswa. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 65 siswa,30 anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 5 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok yang diberikan perlakuan dan sebanyak 35 anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 3 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok pembanding. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen 80,33 dan kelas control sebesar 66,29 berdasarkan hal tersebut siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Talking Stick lebih unggul dibandingkan siswa yang belajar secara konvensional. Diperoleh nilai thitung = 2,389 > ttabel=2,000 dengan dk = 63 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model Talking Stick berbantuan buku cerita terhadap keetrampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020 setelah diberikan treatment.
Kata kunci : Talking Stick, Buku Cerita, Pemahaman
References
Agung, A. A. Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal.2013.Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung:Yrama
Widya.
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas.
Dalman,2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Daryanto,2011. Media Pembelajaran Bandung: Satu Nusa.
Huda, Miftahul.2013. Model-model Pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Hendri, 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Jamaris, Martini 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif,Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini
dan Usia Sekolah Dasar.Bogor: Ghalia Indonesia
Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA IV SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805
Koyan, Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lumenta, S., & Palar, C. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ampreng Langowan. Dinamika Pembelajaran. https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1586
Pandita Utama, I. G. M., Dibia, I. K., & Renda, T. (2019). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17619
Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878
Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Bahasa Mandarin Murid SD kelas 1 W.R. Supratman 2 Medan. (2019). Journal of Language, Literature, and Teaching. https://doi.org/10.35529/jllte.v1i1.56-63
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Rahmi, E., Azriani, N., Marhadi, H., & Hermita, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SDIT INSAN UTAMA PEKANBARU. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31258/jta.v1i2.94-103
Reandy, B. A., & Purba, R. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Komik Pada Siswa Kelas 5 SD. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ridwan, M., Desyandri, & Fitria, Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Talking Stick di Kelas V Sekolah Dasar. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Rusman,2014.Model-Model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Meedia Group.
Setyawan, D., & Sarwindae, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas I SDN-3 Telangkah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.724
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: ArRuzz Media.
Somadayo, Samsu 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta:Graha Ilmu
Sudijono, Anas 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Yulianti, L., & Wahyuningtyas, D. T. (2018). Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Model Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2352
Vista, N. A., Hermita, N., & Zufriady, Z. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 161 PEKANBARU. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)