Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa

Authors

  • Ni Putu Suci Agustiari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Talking Stick  berbantuan buku cerita dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non equivalent control group design. Dalam penelitian ini untuk menentukan sampel  dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa  kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu  sejumlah 308 siswa. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 65 siswa,30  anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 5 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok yang diberikan perlakuan dan sebanyak 35 anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 3 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok pembanding. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data  diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen 80,33 dan kelas control sebesar 66,29 berdasarkan hal tersebut siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Talking Stick lebih unggul dibandingkan siswa yang belajar secara konvensional. Diperoleh  nilai thitung = 2,389 > ttabel=2,000 dengan dk = 63 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model Talking Stick berbantuan buku cerita terhadap keetrampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020 setelah diberikan treatment

Kata kunci : Talking Stick, Buku Cerita, Pemahaman

Author Biographies

Ni Putu Suci Agustiari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

Ni Nyoman Ganing, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

References

Agung, A. A. Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal.2013.Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung:Yrama

Widya.

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas.

Dalman,2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto,2011. Media Pembelajaran Bandung: Satu Nusa.

Huda, Miftahul.2013. Model-model Pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Hendri, 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Jamaris, Martini 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif,Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini

dan Usia Sekolah Dasar.Bogor: Ghalia Indonesia

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA IV SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lumenta, S., & Palar, C. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ampreng Langowan. Dinamika Pembelajaran. https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1586

Pandita Utama, I. G. M., Dibia, I. K., & Renda, T. (2019). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17619

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Bahasa Mandarin Murid SD kelas 1 W.R. Supratman 2 Medan. (2019). Journal of Language, Literature, and Teaching. https://doi.org/10.35529/jllte.v1i1.56-63

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Rahmi, E., Azriani, N., Marhadi, H., & Hermita, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SDIT INSAN UTAMA PEKANBARU. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31258/jta.v1i2.94-103

Reandy, B. A., & Purba, R. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Komik Pada Siswa Kelas 5 SD. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ridwan, M., Desyandri, & Fitria, Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Talking Stick di Kelas V Sekolah Dasar. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Rusman,2014.Model-Model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Setyosari. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Meedia Group.

Setyawan, D., & Sarwindae, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas I SDN-3 Telangkah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.724

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: ArRuzz Media.

Somadayo, Samsu 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta:Graha Ilmu

Sudijono, Anas 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Yulianti, L., & Wahyuningtyas, D. T. (2018). Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Model Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2352

Vista, N. A., Hermita, N., & Zufriady, Z. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 161 PEKANBARU. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519

Issue

Section

Articles