Petunjuk Praktikum Berbantuan QR-Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Siska Yulia Agustini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74832

Keywords:

Petunjuk Praktikum, QR-Code, Sains

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran kurang interaktif dan menarik karena jarang melaksanakan kegiatan praktikum karena guru lebih banyak memberikan teori serta tidak adanya petunjuk praktikum khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code untuk SD pada materi perubahan zat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 4 orang ahli materi dan orang ahli media untuk menilai validitas. Untuk menilai uji kepraktisan digunakan 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu observasi kualitatif dan observasi kuantiatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang diperoleh dari review uji ahli berupa masukan dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan instrument validasi yang berupa skor penilaian. Hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 0,95 dan ahli media 0,92 dengan kualifikasi validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan sebesar 98,2% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitasnya menunjukan nilai signifkansi (2-tailed) adalah sebesr 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05 yang artinya penggunaan petunjuk praktikum berbantuan QR-Code efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Disimpulkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code yang dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dan efektiv dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian pengembangan ini yaitu terciptanya Petunjuk Praktikum Berbantuan Qr-Code untuk Meningatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dan mempermudah kegiatan siswa dalam melaksanakan praktikum.

References

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal UNNES, 43(2), 94–102. https://doi.org/10.15294/lik.v41i1.2228.

Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran Model Science, Technology, Engineering, Arts, and Math ( STEAM ) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368–375.

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483.

Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1136.

Dwiyanti, G., Siswaningsih, W., Jurusan, M., Kimia, P., Universitas, F., Indonesia, P., Negeri, S. M. U., Kompetensi, K. B., & Sains, K. P. (2004). Keterampilan Proses Sains Siswa Smu Kelas II Pada Metode Praktikum. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._KIMIA/195612061983032-GEBI_DWIYANTI/makalah_HISPIPAI.pdf.

Endah Wahyu, apit fathurohman, & Sardianto Markos. (2012). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains. . . Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–10. https://www.academia.edu/download/92190965/1987.pdf.

Fajarianingtyas, D. A., & Hidayat, J. N. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berorientasi Pemecahan Masalah sebagai Sarana Berlatih Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa IPA Universitas Wiraraja. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.15515.

Febrianti, D., Nuraini, L., Supriadi, B., & L.R, S. A. (2020). Implementasi Model Pbi Disertai Media Virtual Laboratory Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 132. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17976.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Hartawan, I. N. B., Dirgayusari, A. M., Ni Wayan Suardiati Putri, & Lopez, F. T. M. D. (2024). Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 262–271. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352.

Herlanti, Y., Mardiati, Y., Rahmawati, R., Putri, A. M. K., Jamil, N., Miftahuzzakiyah, M., Sofyan, A., Zulfiani, Z., & Sugiarti, S. (2019). Finding Learning Strategy in Improving Science Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(1), 59. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i1.4902.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236.

Juliana, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 951–956. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.265.

Khair, J. M., Dasmo, D., & Fatahillah, F. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Fluida Dinamis. SINASIS (Prosiding Seminar Nasional Sains), 2(1), 423–429. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5378/1172.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.

Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878–9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023.

Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769.

Marpaung, R. R. T., Yolida, B., & Putri, F. R. (2021). Student’s scientific literacy on environmental pollution material based on SETS learning approach combined with Vee Diagram. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 117–125. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i2.15718.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action …, 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1758.

Matsna, F. U., Rokhimawan, M. A., & Rahmawan, S. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Materi Titrasi Asam-Basa Kelas Xi Sma/Ma. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(1), 21. https://doi.org/10.31602/dl.v6i1.9187.

Muflikatun, M., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 84–92. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.109.

Nurkaenah, Isnaeni, W., & Subali, B. (2019). Influence of SETS Science Learning Program Towards Scientific Literacy Improvement. Journal of Primary Education, 8(1), 59–66. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25230.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612.

Ristina, H., Linuwih, S., & Nuswowati, M. (2019). SETS Learning Efficacy to Improve Students Science Literacy Skills. Journal of Innovative Science Education, 8(2), 183–189. https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/27905.

Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4D. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43.

Sahidu, H., Studi, P., Fisika, P., & Mataram, U. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(1), 46. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233.

Seftia R.W., I., Winata, A., & Cacik, S. (2018). Kelayakan Putik Berisi (Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Literasi Sains) Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V. Education and Human Development Journal, 3(2), 111–120. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.49.

Stone, C., & Conrad, D. (2017). Preparing Today to Empower Future Learners: Preservice Teachers’ Experiences Selecting & Evaluating Children’s Literature for Quality and Use in PreK-6th Grade Integrated Literacy/Science Instruction. The Language and Literacy Spectrum, 27(1), 3. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1172560.pdf.

Sudargo, F., & Soesy, A. (2009). Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains 1. FPMIPA UPI: Laporan Penelitian, 74, 1–19. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/35983.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://www.academia.edu/download/97764657/648cc191ba9505cf332d1bb87e0a9dfc976c.pdf.

Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Pancar, 3(2), 264–274. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/307/250.

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://www.academia.edu/download/107381737/pdf.pdf.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133–139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.568.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Agustini, N. P. S. Y. ., & Jayanta, I. N. L. . (2024). Petunjuk Praktikum Berbantuan QR-Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 452–461. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74832

Issue

Section

Articles