Petunjuk Praktikum Berbantuan QR-Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Siska Yulia Agustini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74832

Keywords:

Petunjuk Praktikum, QR-Code, Sains

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran kurang interaktif dan menarik karena jarang melaksanakan kegiatan praktikum karena guru lebih banyak memberikan teori serta tidak adanya petunjuk praktikum khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code untuk SD pada materi perubahan zat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 4 orang ahli materi dan orang ahli media untuk menilai validitas. Untuk menilai uji kepraktisan digunakan 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu observasi kualitatif dan observasi kuantiatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang diperoleh dari review uji ahli berupa masukan dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan instrument validasi yang berupa skor penilaian. Hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 0,95 dan ahli media 0,92 dengan kualifikasi validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan sebesar 98,2% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitasnya menunjukan nilai signifkansi (2-tailed) adalah sebesr 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05 yang artinya penggunaan petunjuk praktikum berbantuan QR-Code efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Disimpulkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code yang dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dan efektiv dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian pengembangan ini yaitu terciptanya Petunjuk Praktikum Berbantuan Qr-Code Untuk Meningatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dan mempermudah kegiatan siswa dalam melaksanakan praktikum.

Published

2024-11-23

How to Cite

Agustini, N. P. S. Y. ., & Jayanta, I. N. L. . (2024). Petunjuk Praktikum Berbantuan QR-Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74832