Petunjuk Praktikum Berbantuan QR-Code untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74832Keywords:
Petunjuk Praktikum, QR-Code, SainsAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran kurang interaktif dan menarik karena jarang melaksanakan kegiatan praktikum karena guru lebih banyak memberikan teori serta tidak adanya petunjuk praktikum khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code untuk SD pada materi perubahan zat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 4 orang ahli materi dan orang ahli media untuk menilai validitas. Untuk menilai uji kepraktisan digunakan 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu observasi kualitatif dan observasi kuantiatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang diperoleh dari review uji ahli berupa masukan dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan instrument validasi yang berupa skor penilaian. Hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 0,95 dan ahli media 0,92 dengan kualifikasi validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan sebesar 98,2% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitasnya menunjukan nilai signifkansi (2-tailed) adalah sebesr 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05 yang artinya penggunaan petunjuk praktikum berbantuan QR-Code efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Disimpulkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code yang dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dan efektiv dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian pengembangan ini yaitu terciptanya Petunjuk Praktikum Berbantuan Qr-Code Untuk Meningatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dan mempermudah kegiatan siswa dalam melaksanakan praktikum.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Siska Yulia Agustini, I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)