Modul Ajar Digital pada Pembelajaran Kerajinan Tangan dan Seni Rupa Berorientasi Diferensiasi Konten untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa

Authors

  • I Wayan Arta Diana Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.66030

Keywords:

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa, Kreativitas, Modul Ajar Digital, Pratikum Kerajinan Tangan, Pengembangan

Abstract

Belum adanya modul ajar digital menyebabkan kreativitas mahasiswa masih dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rancang bangun, validitas, kepraktisan dan efektivitas modul ajar digital untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah modul ajar dan objek pada penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur kreativitas mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan modul ajar yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli dengan indeks validitas isi modul ajar digital sebesar 0,89 predikat validitas isi sangat tinggi, praktis oleh praktisi dengan tingkat pencapaian respon praktisi untuk modul ajar digital 91,5% predikat sangat baik, dan efektif digunakan oleh mahasiswa PGSD untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dilihat dari nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Implikasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dapat belajar dengan bantuan modul ajar.

References

Adirestuty, F. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 54–67. https://doi.org/10.25157/wa.v4i1.386.

Ahmadi, F., Rochmad, R., Lestari, F. P., & Harjunowibowo, D. (2021). The Development of Mathematics Comic Containing Pancasila Values to Develop Character of Elementary School Students: A Case Study of Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.20. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.20

Antriyanti, F. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Perakitan PC di SMK Negeri 2 Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( KOMPUTA ), 1–10.

Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454–466. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Aslan, A. (2016). Kurikulum Pendidikan Vs Kurikulum Sinetron. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1482. DOI: https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1482

Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.90.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Erlistiana, D., Nawangsih, N., Aziz, F. A., Yulianti, S., & Setiawan, F. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235. DOI: https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Page 1 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973. DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057.

Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003. https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7063. DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7063

Jaya, A. F. (2019). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga. Child Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018. DOI: https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121–126. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187. DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392. DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13. DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923.

Permana, G. (2018). Visualisasi Seni Sebagai Aspek Kreatif Periklanan. Jurnal Bahasa Rupa, 1(2), 108–114. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i2.216. DOI: https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i2.216

Permanasari, A. T., Lestari, D. J., & Fujiawati, F. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sendratasik Untirta. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 3(2). https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.6916.

Permatasari, R. W. (2014). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas pada siswa TK Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 64–75. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3549.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964.

Saamri, N., Nawawi, S., & Ramli, R. (2021). Student Acceptance Level Toward the Use of Online Facilities To Support Flexible Learning Activities Based on the Design Elements of the Heutagogical Approach. International Journal of Modern Education, 3(8), 35–48. https://doi.org/10.35631/ijmoe.38004. DOI: https://doi.org/10.35631/IJMOE.38004

Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124–135. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12096

Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar yang Berorientasi pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 17–32. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431

Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a Digital Teaching ModuleBased on Mathematical Communication in Relation and Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Suryaningtyas, A., Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2020). Developing Science Electronic Module Based on Problem-Based Learning and Guided Discovery Learning to Increase Critical Thinking and Problem-Solving Skills. 401(Iceri 2019), 65–70. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.013. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.013

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990.

Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Putra, I. W. A. D. ., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2024). Modul Ajar Digital pada Pembelajaran Kerajinan Tangan dan Seni Rupa Berorientasi Diferensiasi Konten untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.66030

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)