Modul Digital Praktik Mengajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.61496Keywords:
modul digital, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu modul ajar. Fakta menunjukkan bahwa tidak banyak modul ajar yang mampu memenuhi kebutuhan belajar serta belum adanya variasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD yang valid. Melalui pengembangan Modul digital ini dapat menambah keberagaman dari bahan ajar, sehingga dapat terciptanya pembelajaran yang bervariasi. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE, terdiri dari: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 6 ahli untuk mengetahui validitas modul digital yang dikembangkan. Objek dalam penelitian ini adalah validitas modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil hasil yaitu modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD yang valid. Dapat disimpulkan bahwa model digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah IPA SD layak digunakan dalam pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)