Media Diorama Berbantuan Audio pada Pembelajaran Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah bagi Anak TK

Authors

  • Ni Luh Gede Tina Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79503

Keywords:

Media Diorama, Ekosistem Alam, Anak TK

Abstract

Kurangnya media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa serta hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan rancang bangun media diorama berbantuan audio dengan tema ekosistem alam materi ekosistem sawah, serta menganalisis kelayakan dan efektivitas media ajar diorama tema ekosistem alam materi ekosistem sawah. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk diuji oleh 1 ahli rancang bangun produk pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, serta subjek uji dalam penelitian ini 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil dan 20 anak pada uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (pre-nontes dan post-nontes). Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Diorama Berbantuan Audio dengan Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah layak diterapkan pada anak taman kanak-kanak. Implikasi penelitian ini mampu diterapkan dalam proses pembelajaran, media diorama berbantuan audio ini sudah terbukti layak digunakan dalam proses pembelajaran karena berkualifikasi sangat baik dari hasil uji kelayakan dan uji coba pada subjek uji coba.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Pendidikan Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Aida, S., Suprapti, A., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 56–63. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2297

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua : Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Anggraeni, R., & Istianah, F. (2017). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Daur Air Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD, 05(03).

https://media.neliti.com/media/publications/254433-none-8a0618ef.doc

Anjarwati, A., Maruro, R., D., G. K., Pratama, V. A., & Nanda, D. (2022). Media Diorama Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V-B Pada Pembelajaran IPA Di SDN Banyuanyar Kidul. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi (JPST, 1(2), 227–232. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.335.

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun buah learning media for early childhood counting ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Bentri, S. A., Magh’firoh, R. H., & Arsyam, S. F. (2023). Perancangan Komik Digital untuk Mengedukasi Remaja tentang Isu Pembajakan Film. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 297–306. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7130

Bin Amiruddin, M. Z., Magfiroh, D. R., Savitri, I., & Binti Rahman, S. M. I. (2022). Analysis of The Application of The STEAM Approach to Learning In Indonesia: Contributions to Physics Education. International Journal of Current Educational Research, 1(1), 1–17.

https://doi.org/10.53621/ijocer.v1i1.139

Bintang, S., Alim, A., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media To Increase The Development Of Early Childhood Language. Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, IV(Ii), 146–155. https://doi.org/10.24269/jin.v4n2

Dzulhidayat. (2022). Pengaruh Media Diorama Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Kelas V SDN 3 Kasimpureng Kabupaten Bulukumba. Global Journal Basic Education, 3(8.5.2017), 2003–2005. http://www.jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp/article/view/1422

Evitasari, A., & Aulia, M. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1). https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013

Gunansyah, G., Rachmadiyanti, P., & Subagiyo, F. M. (2018). Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi. Publikasi Pendidikan, 8(1), 13. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4928

Gustina, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Siklus Air Menggunakan Model Inquiry Dan Media Diorama Pada Peserta Didik Kelas V Upt. Sd Negeri 20 Baringin. Ensiklopedia of Jorunal, 3(2). https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.821

Hanifah, C. S., & Setyasto, N. (2024). 3D Diorama Learning Media on the History of the Independence of Indonesia to Improve Learning Outcomes in Social Studies Learning. Mimbar PGSD Undiksha, 12(1), 47–56. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/32683

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulud: Journal on Early Childhood, 2(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29.

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Jubaerudin, J. M., Supratman, & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. JARME (Journal of Authentic Research on Mathematics Education), 3(2), 178–189. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3191

Juirihan Doni Nababan, et all. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Rantai Makanan Ekosistem Sawah Di Kelas V SD Negeri 067776 Medan Johor Tahun Ajaran 2023/2024. Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum (PSSH), 3, 1–12.

http://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/download/468/359

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 20–26. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065

Karo, K., & Rohani, I. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VII(1), 91–96. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361.

Maymunah, S., & Watini, S. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4120–4127.

https://doi.org/10.29240/zuriah.v2i2.3576

Munifah, U., Nugraha, A., & Ganda, N. (2020). Pengembangan Media Diorama tentang Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar untuk Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26439

Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82.

https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82

Nadhliroh, I., & Prasetyaningtyas, F. D. (2018). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual Pada Muatan Ips Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4). https://doi.org/10.15294/jlj.v7i4.25877

Prabowo, D. M. (2019). Pegembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 234–242.

https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.17008

Prasetyoko, T. E., & Sari, E. Y. (2019). Pengembangan Media Diorama Materi Pokok Kenampakan Alam Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Untuk Kelas V di SD Negeri 1 Tamban Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 86–94.

https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.11902

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238.

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878

Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.

Sapitri, N., Guslinda, G., & Zufriady, Z. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Pratama: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556

Sari, H., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audio Visual Pada Pembelajaran PKN Materi Keputusan Bersama Di Kelas V SDN 102063 Bangun Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 67–81.

https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/461

Sari, L. P., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Kb Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 559–567. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.586

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui model pembelajaran audio visual berbasis android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98.

https://doi.org/https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490

Sufa, L. N., Cahyadi, F., & Untari, M. F. A. (2017). Penerapan Media Diorama Skala terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ujungpandan. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.768.

Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202

Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yunanto, H. A. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual Materi Ekosistem Muatan Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3588

Yuneva, H. A., & Suryana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(3), 125–130.

https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitif & Penelitin Gabungan. Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Ni Luh Gede Tina, & Abadi, I. B. G. S. . (2024). Media Diorama Berbantuan Audio pada Pembelajaran Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah bagi Anak TK. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 429–439. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79503

Issue

Section

Articles