Media Diorama Berbantuan Audio Pada Pembelajaran Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah Bagi Anak TK

Authors

  • Ni Luh Gede Tina Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79503

Keywords:

Media Diorama, Ekosistem Alam, Anak TK

Abstract

Kurangnya media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa serta hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan rancang bangun media diorama berbantuan audio dengan tema ekosistem alam materi ekosistem sawah, serta menganalisis kelayakan dan efektivitas media ajar diorama tema ekosistem alam materi ekosistem sawah. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk diuji oleh 1 ahli rancang bangun produk pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, serta subjek uji dalam penelitian ini 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil dan 20 anak pada uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (pre-nontes dan post-nontes). Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Diorama Berbantuan Audio Dengan Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah layak diterapkan pada Anak Taman Kanak-Kanak. Implikasi penelitian ini mampu diterapkan dalam proses pembelajaran, media diorama berbantuan audio ini sudah terbukti layak digunakan dalam proses pembelajaran karena berkualifikasi sangat baik dari hasil uji kelayakan dan uji coba pada subjek uji coba.

Published

2024-11-23

How to Cite

Ni Luh Gede Tina, & Abadi, I. B. G. S. . (2024). Media Diorama Berbantuan Audio Pada Pembelajaran Tema Ekosistem Alam Materi Ekosistem Sawah Bagi Anak TK. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.79503