Media Flipbook Berbasis Discovery Learning Muatan IPAS Materi Daerahku Kebanggaanku Siswa Kelas V SD

Authors

  • Libertus Tri Mahardinata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.78073

Keywords:

Flipbook, Discovery Learning, IPAS

Abstract

Siswa yang masih sulit fokus pada pembelajaran. Hal ini terjadi karena mereka jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang sifatnya satu arah. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui rancang bangun, validitas, dan efektivitas media flipbook  berbasis discovery learning  muatan IPAS siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Penelitian pengembangan ini akan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE merupakan model pengembangan yang memiliki langkah-langkah sistematis. model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu; analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development) implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek uji coba menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu: Kualitas hasil validitas rancang bangun, ahli materi pembelajaran, ahli desain,  ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji kelompok kecil secara berturut-turut memperoleh skor 90,90%, 100%, 97,5%, 92,5%, 95,83% dan 96,53%. Uji efektivitas produk memperoleh t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flipbook  berbasis discovery learning  efektif digunakan pada muatan IPAS siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu media ini dapat meningkatkan kualitas penyampaian materi dan menciptakan pembelajaran yang bermakna.

Published

2024-08-05

How to Cite

Mahardinata, L. T. ., Abadi , I. B. G. S. ., & Ganing, N. N. . . (2024). Media Flipbook Berbasis Discovery Learning Muatan IPAS Materi Daerahku Kebanggaanku Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.78073

Issue

Section

Articles