Peningkatan Kemampuan Membaca Dalam Bahasa Indonesia Siswa Melalui Model SQ4R Berbantuan Media Papan Flanel

Authors

  • Ketut Ayuning Suari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.76190

Keywords:

SQ4R, Papan Flannel, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia

Abstract

Aktifitas pembelajaran dan suasana kelas yang tidak menyenangkan membuat siswa mudah bosan dan tidak fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dampak berkelanjutan dari hal tersebut adalah tidak optimalnya penyerapan materi pembelajaran kepada siswa. Adanya permasalah tersebut mendorong penelitian ini untuk menguji pengaruh model SQ4R berbantuan media papan flanel terhadap kemampuan membaca dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 540 siswa yang terdiri terdiri dari 16 kelas, Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh bahwa  adalah 3,435 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan  adalah 1,99773. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model SQ4R berbantuan media papan flannel dan kelompok yang tidak dibelajarkan menggunakan model SQ4R berbantuan media papan flannel. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran yang menggunakan model SQ4R berbantuan media papan flannel memberikan pengaruh yang positif yang signifikan terhadap kemampuan membaca dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Published

2024-08-05

How to Cite

Suari, K. A., Abadi, I. B. G. S. ., & Suniasih, N. W. . (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Dalam Bahasa Indonesia Siswa Melalui Model SQ4R Berbantuan Media Papan Flanel . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.76190

Issue

Section

Articles