Peningkatan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Indonesia Siswa melalui Model SQ4R Berbantuan Media Papan Flanel
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.76190Keywords:
SQ4R, Papan Flannel, Kemampuan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Aktifitas pembelajaran dan suasana kelas yang tidak menyenangkan membuat siswa mudah bosan dan tidak fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dampak berkelanjutan dari hal tersebut adalah tidak optimalnya penyerapan materi pembelajaran kepada siswa. Adanya permasalah tersebut mendorong penelitian ini untuk menguji pengaruh model SQ4R berbantuan media papan flanel terhadap kemampuan membaca dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 540 siswa yang terdiri terdiri dari 16 kelas, Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a,b,c,d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh bahwa thitung adalah 3,435 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel adalah 1,99773. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model SQ4R berbantuan media papan flannel dan kelompok yang tidak dibelajarkan menggunakan model SQ4R berbantuan media papan flannel. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran yang menggunakan model SQ4R berbantuan media papan flannel memberikan pengaruh yang positif yang signifikan terhadap kemampuan membaca dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar.
References
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 608–617. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.
Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993.
Dewi, D. K., & Sunarso. (2020). Strategi Pembentukan Ketahanan Pribadi Siswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Kesadaran Bernegara (Studi Di SMA Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 40–54. https://doi.org/10.22146/jkn.53132.
Fatma Dewi, N. P. V., Ganing, N. N., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 233. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19403.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103.
Hwang, G. J., Chang, C. C., & Chien, S. Y. (2022a). A motivational model‐based virtual reality approach to prompting learners’ sense of presence, learning achievements, and higher‐order thinking in professional safety training. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/bjet.13196.
Hwang, G. J., Chang, C. C., & Chien, S. Y. (2022b). A motivational model‐based virtual reality approach to prompting learners’ sense of presence, learning achievements, and higher‐order thinking in professional safety training. British Journal of Educational Technology, 53(5). https://doi.org/10.1111/bjet.13196.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Anuva, 4(2), 231–240. https://demo.dspacedirect.org/bitstream/handle/10673/1975/8073-25123-1-SM.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Isna, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 155–164. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616.
Mahardin, Ahmad Fauzan, Muliati, & Nurmawadah Rahmah. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1342.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/16.
Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987.
Parini, P. (2022). Application Of Cai Method In Tajwid Science Learning Media Applications. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 8(2), 203–208. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v8i2.1595.
Putri Pratiwi, D., & Muharam, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 82–93. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.5777.Diajukan
Riyana, C. (2011). Komponen-Komponen Pembelajaran. Komponen-Komponen Pembelajaran, 1–63.
Rogers, J., & Revesz, A. (2019). Experimental and quasi-experimental designs. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/334250281, 113.
Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18422.
Sudiati, & Nurhidayah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi PLAN. Jurnal LITERA, 16(1), 114–128. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14255.
Sulastri, A., & Masriqon. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504.
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–94. https://doi.org/10.2568/YUM.V3I3.828.
Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130.
Vieira, E. A. O., Silveira, A. C. D., & Martins, R. X. (2019). Heuristic evaluation on usability of educational games: A systematic review. Informatics in Education, 18(2), 427–442. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.20.
Wong, K. T., bt Osman, R., Goh, P. S. C., & Rahmat, M. K. (2013). Understanding student teachers’ behavioural intention to use technology: Technology acceptance model (TAM) validation and testing. International Journal of Instruction, 6(1), 89–104. https://dergipark.org.tr/en/pub/eiji/issue/5138/70018.
Wulan Dari, Juwita, A., Widia Sari, K., Anggraini Jayanti, S., & Widayati, S. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya untuk Menghindari Learning Loss di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang, Kotabumi Lampung Utara. Griya Cendikia, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191.
Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)