Melajah: Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85634Keywords:
Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, IPASAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA merupakan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian ini melibatkan 27 siswa, serta ahli rancang bangun, isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji ahli rancang bangun sebesar 90%, uji ahli isi mata pelajaran sebesar 92,50%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, dan ahli media pembelajaran sebesar 93,75%. Selain itu, uji coba perorangan memperoleh skor 91,67% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,43%, keduanya dalam kualifikasi sangat baik. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning, di mana hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Ketut Karsana Sudarmika, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)