Melajah: Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • I Ketut Karsana Sudarmika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85634

Keywords:

Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, IPAS

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA merupakan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian ini melibatkan 27 siswa, serta ahli rancang bangun, isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji ahli rancang bangun sebesar 90%, uji ahli isi mata pelajaran sebesar 92,50%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, dan ahli media pembelajaran sebesar 93,75%. Selain itu, uji coba perorangan memperoleh skor 91,67% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 93,43%, keduanya dalam kualifikasi sangat baik. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning, di mana hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

Published

2024-12-27

How to Cite

Sudarmika, I. K. K., & Sujana, I. W. . (2024). Melajah: Multimedia Interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.85634