Development of Laboratory Management Based on Local Bali Wisdom to Improve The Quality of Services In Laboratory

I Ketut Lasia

Abstract


This study aims to develop laboratory management model based on Bali local wisdom to improve quality of laboratory service. This research is the development research by adopting of research and development model in education. Limited scale trial was conducted on 50 students from the Chemistry Department of Education, Ganesha University of Education year 2016 with a class action research model of Kurt Lewin. Fifty students were comprised of 7 groups of physical chemistry practicum and 7 groups analytical chemistry practicum. The instrument of this study was observation sheets and questionnaires. Observations and questionnaires were analyzed descriptively. Results of the study are: Bali local wisdom relating to the laboratory management, a laboratory management model based on Bali local wisdom to improve quality of laboratory service, a laboratory management model was developed very effective, the model can be applied, and the student response to the laboratory management model is very positive.

Keywords


Bali local wisdom; laboratory management model; quality of service

Full Text:

PDF

References


Baker. 1995. “The Effect of Culture on the Learning of Science in non Western Countries: The Results of a Integrated Research Review”. International Journal Science Education, 17, hlm. 123-134.

Depdiknas. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Desi Mindarti. 2009. “Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Ditinjau dari Penguasaan Alat Laboratorium pada Pokok Bahasan Suhu dan Kaloruntuk Siswa SMA”. Skripsi. Surakarta: Program Fisika Jurusan P MIPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sabelas Maret.

Djiwandono. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hudha, A. M. 2002. “Penyelenggaraan Praktikum pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UMM”. Laporan Penelitian. Malang: Lemlit UMM.

Istri Agung Rai Sudiatmika, A.A . 2013. “Pendidikan Sains Berlandaskan Budaya Lokal Tri Kaya Parisudha”. Proseding Seminar Nasional Fisikadan Pendidikan Fisika “Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal” Surakarta, hlm. 15-28. http://fisika.fkip.uns.ac.id. diunduh 9 September 2014.

Lanang Wiratma, I G danSubagia, I W. 2014. “Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri Di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti)”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), hlm. 426-436

Lusiawati. 2013. “Kecerdasan Emosidan Penyesuaian Diri pada Remaja Awal yang Tinggal di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda”. Ejournal Psikologi, 1(2), hlm.167-176.

Lydia Salindeho, T. 2010. “Pengembangan Laboratorium Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Jurusan PKK, Proseding Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia, APTEKINDO, hlm. 521-526.

Mochammad Subagio. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Ithaca Resources”. Jurnal Manajemen, XIX(01), hlm. 101- 120.

Mursid, R. 2013. “Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi”. Cakrawala Pendidikan, XXXII (1), hlm. 27-40.

Nunung Nurhasanah dan Octrivia Deliani. 2013. “Strategi Pengembangan Laboratorium Program Studi Teknik Industri di Universitas Al Azhar Indonesia”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sainsdan Teknologi. 2 (1), hlm. 1-15.

Parwati, N.N. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal pada Siswa SMP Di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), hlm. 612-624.

Peniati, E, Parmin, dan Purwantoyo, E., 2013. “Model Analisis Evaluasi Diri untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Merancang Pengembangan Laboratorium di Sekolah”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (2), hlm. 107-119. http://journal.unnes.ac.id/nju/ index.php/jpii, diunduh 5 Agustus 2014.

Peraturan Bersama Menpan dan Kepala BKN No. 02/V/PB.2010. No.13 th. 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional PLP dan Angka Kreditnya.

Permendikbud RI No. 65 th. 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Runyan, RP dan Haber, A. 1984. Psychology of Adjustment. Illinois: The DorseyPress.

Robbins, S. P. 2001. Organizational Behavior (9thed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Suastra, I W dan Budi Yasmini, L.Pt. 2013. “Model Pembelajaran Fisika untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikirdan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2), hlm. 221-235.

Suharmini Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suja, I W. 2011. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Sains SD Bermuatan Pedagogi Budaya Bali”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1-3), hlm. 84-92.

Usman Mulbar. 2015. “Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat”. Cakrawala Pendidikan, XXXIV (2), hlm. 278-287 jurnal Ilmiah, Universitas Lambung mangkurat, 9-11Agustus




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i2.10237

Article Metrics

Abstract view : 458 times
PDF file view : 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.