MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI

Authors

  • Wayan Suastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2166

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis kebutuhan untuk menghasilkan model pembelajaran fisika yang adaptable dan efektif bagi pengembangan kreativitas berpikir dan karakter bangsa yang berbasis kearifan  lokal Bali.

Subjek penelitian ini guru-guru fisika SMA yang telah berpengalaman minimal 10 tahun mengajar fisika di  SMA Negeri dan Swasta di Singaraja Bali yang berjumlah 12 orang.  Alat pengumpul data berupa kuesioner, pedoman observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif-kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Terdapat empat aspek berpikir kreatif yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran fisika SMA yaitu berpikir lancar (6 indikator), berpikir luwes (6 indikator), berpikir orisinil (7 indikator), dan berpikir elaboratif (5 indikator). 2) Terdapat 18 karakter bangsa yang berbasis kearifan lokal yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran fisika SMA yang meliputi: religius (tri hita karana), berbuat jujur dan berkata benar (satyam), toleransi (tat twam asi), disiplin, tanggung jawab (sesana), kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai (santhi), gemar membaca, refleksi diri (mulat sarira), peduli dan bersahabat, jengah, tidak sombong, suka bekerja keras dan dermawan). 3) Tahapan pembelajaran meliputi: (1) eksplorasi, (2) pemusatan, (3) inkuiri/penyelidikan, (4) elaborasi, dan (5) konfirmasi.

Downloads

Published

2013-10-01

Issue

Section

Articles