PENELUSURAN MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN TATA KALIMAT DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS I SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2168Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan (1) miskonsepsi-miskonsepsi yang terdapat pada siswa tentang objek dan adverbial, (2) efektivitas strategi pengubahan konsepsi, (3) tingkat penguasaan siswa atas konsep-konsep objek dan adverbial, dan (4) komentar siswa tentang pendekatan konstruktivisme berbasis inkuiri dalam mempelajari konsep-konsep objek dan adverbial. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirancang penelitian eksperimen dengan melibatkan dua kelas, yang masing-masing kelas dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada tiap-tiap kelas diambil 22 siswa kelas VII SMP Lab Undiksha secara acak untuk dijadikan sampel. Data yang terkait dengan permasalahan di atas, dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme berbasis inkuiri lebih baik daripada model konvensional dalam mempelajari konsep-konsep objek dan adverbial. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru agar menerapkan pendekatan tersebut sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (khususnya dalam kalimat).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)