MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA DENGAN PENGINTEGRASIAN POWERS DALAM ASESSMEN PORTOFOLIO ELEKTRONIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2169Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dengan mengaplikasikan Strategi POWERS berbasis portopolio elektronik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi awal yang berupa interview dan pre-test yang menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester 2B yang berjumlah 29 orang di tahun ajaran 2011/2012 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam menulis paragraf tersebut masih kurang. Dari segi proses, pada awalnya mahasiswa sangat tergantung pada kehadiran dosen dikelas, kurang percaya diri bahkan cenderung subjektif. Namun setelah diberikan tindakan, kepercayan diri mahasiswa semakin meningkat (lebih mandiri), mereka cenderung lebih objektif, terbuka, jujur dan mampu bekerja sama serta mengambil resiko dengan baik. Dari segi hasil menulis, hasil belaar mahasiswa pun mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor individu dan rata-rata pada pre-test 25,67 (cukup), 32,17 (bagus) pada post-test 1 dan 36,69 (sangat bagus) pada post-test 2. Peningkatan kemampuan mahasiswa juga berpengaruh pada nilai akhir mahasiswa diakhir semester dimana rata-rata nilai akhir mahasiswa adalah B.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)