MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA DENGAN PENGINTEGRASIAN POWERS DALAM ASESSMEN PORTOFOLIO ELEKTRONIK

Authors

  • Pt Eka Sulistia Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2169

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dengan mengaplikasikan Strategi POWERS berbasis portopolio elektronik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi awal yang berupa interview dan pre-test yang menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester 2B yang berjumlah 29 orang di tahun ajaran 2011/2012 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam menulis paragraf tersebut masih kurang. Dari segi proses, pada awalnya mahasiswa sangat tergantung pada kehadiran dosen dikelas, kurang percaya diri bahkan cenderung subjektif. Namun setelah diberikan tindakan, kepercayan diri mahasiswa semakin meningkat (lebih mandiri), mereka cenderung lebih objektif, terbuka, jujur dan mampu bekerja sama serta mengambil resiko dengan baik. Dari segi hasil menulis, hasil belaar mahasiswa pun mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor individu dan rata-rata pada pre-test 25,67 (cukup), 32,17 (bagus) pada post-test 1 dan 36,69 (sangat bagus) pada post-test 2. Peningkatan kemampuan mahasiswa juga berpengaruh pada nilai akhir mahasiswa diakhir semester dimana rata-rata nilai akhir mahasiswa adalah B.

Downloads

Issue

Section

Articles