ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP VCD PEMBELAJARAN “MENGGAMBAR KREATIF BERSAMA EINSTEIN DAN FABER-CASTELL SERI 1: PETUNJUK MENGGAMBAR KREATIF UNTUK ANAK-ANAK”

Authors

  • Elly Herliyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2173

Abstract

VCD pembelajaran cara menggambar dan mewarnai menggunakan produk Faber-Castell perlu dikaji dengan ilmu semiotik, karena semiotik dapat membaca tanda apa yang kita lihat dan apa maksud penyampaian pesan. Penelitian menggunakan metode analisis tekstual dengan pendekatan semiotik, untuk membedakan unsur atau elemen tanda pada sebuah objek berdasarkan teori Roland Barthes dan teori Charles Sanders Peirce. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan terdapat ikon, indeks, dan simbol yang merupakan tanda denotasi dari pesan yang disampaikan kepada audience, diteliti berdasarkan tanda verbal, tanda nonverbal dan tanda visual. Tanda konotasi meminjam citra positif Einstein, sehingga adanya mitos Einstein pintar menggambar karena produk Faber-Castell. Kode diperlukan untuk menyampaikan informasi Faber-Castell sebagai produsen peralatan menulis dan menggambar, serta Einstein sebagai artis profesional.

Downloads

Issue

Section

Articles