OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.64443Kata Kunci:
Layanan Pendidikan, Proses Pembelajaran, Supervisi AkademikAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan supervisi akademik dan layanan pendidikan di lingkungan SD Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung; (2) pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling probability sampling dan dilakukan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Subyek penelitian ini adalah guru SD di lingkungan Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung. Kategori sekolah dipilih sekolah menengah pertama negeri dan swasta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket dan juga observasi. Pengumpulan data dikembangkan berupa instrumen angket untuk menguji kebenaran dan kesesuaian indikator supervise akademik dan layanan Pendidikan. Kemudian dilihat gambaran kecenderungan rata-rata dari masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan supervisi akademik dan layanan Pendidikan sudah dilakukan dengan sangat baik dengan hasil perhitungan Weight Mean Score (WMS) secara keseluruhan dimensi sangat tinggi untuk variabel supervisi akademik nilai skor rata-rata sebesar 3,85 atau setara dengan nilai 96,25, kemudian untuk variabel layanan Pendidikan nilai skor rata-rata sebesar 3,91 atau setara dengan nilai 97,75. (2) Program supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas layanan Pendidikan dengan uji regresi linear nilai korelasi yaitu sebesar 0,762. Kemudian diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,580 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Akademik terhadap Layanan Pendidikan adalah sebesar 58%.
Referensi
Ardana, P., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182
Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690. DOI: https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42. DOI: https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Hajar, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kedisplinan Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1191. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1191
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era pandemi covid 19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256–279. https://doi.org/10.59689/incare.v1i3.99.
Indraswati, D., & Sutisna, D. (2020). Implementasi Manajemen Mutu di SDN Prambon. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 10–21. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p10-21. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p10-21
Irdiyanti, D. T. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah Terhadap Kualitas Pengajaran Guru SMK di Klaten. JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research), 2(6). https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.217.
Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020
Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 16(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861
Kinasih, S., & Sinaga, K. (2020). Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah Pada Materi Hidrokarbon [a Study on the Application of Ausubel’S Meaningful Learning Theory on Hydrocarbon Chemical Learning Based on a Biblical Perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 141–153. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276
Made Sri Marheni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Jear: Journal of Educational Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44468
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786
Musyadad, V. F., Hanafiah, Tanjun, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP : Jurnal IIlmiah Lmu Pemerintahan, 5(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.
Nisa, N. Z., Sunandar, S., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8114. DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8114
Rafsanjani, T. A., & Razaq, M. A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945
Rasmita, D. (2019). Upaya Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Sd Negeri 017 Pasir Emas. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(3), 560–569. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7189. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7189
Sanoto, H., Soesanto, S., Soegito, A. T., & Kardoyo, K. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 166–172. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4845.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461
Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research), 2(6). https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.
Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903
Sugandi, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Dan Lesson Study. Jurnal Educational Technology, 18(1). https://doi.org/10.17509/e.v18i1.15034. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v18i1.15034
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Suroya, A. E. I. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7137. DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7137
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Wulandari, A., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 225. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424. DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424
Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun dengan pendidikan usia dini dan tanpa pendidikan usia dini di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1). https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900. DOI: https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Husni Hamdani, Aan Komariah, Dedy Achmad Kurniady
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)