ANALISIS DESKRIPTIF HUBUNGAN SIDIK JARI DENGAN TES POTENSI AKADEMIK (TPA) DARI KELAS X SMAN 3 DENPASAR

Authors

  • I Made Adi Sukariawan SMA N 3 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.17308

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengembangan KTSP yang dikenal dengan Kurikulum 2013. Landasan filosofis dari pengembangan ini adalah pengembangan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik, yang dituangkan dalam struktur kurikulum dalam bentuk peminatan. Salah satu dasar untuk memilih peminatan adalah mengetahui potensi peserta didik. Metode yang digunakan adalah TPA dan sidik jari, namun belum diketahui bagaimana hubungan antara kedua metode tersebut. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara sidik jari dengan tes potensi akademik (TPA) dari kelas X SMAN 3 Denpasar.

Penelitian ini adalah penelitian dasar induktif yang mengembangkan teori yang sudah ada berdasarkan fakta-fakta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Denpasar dengan sampling sebanyak 53 siswa berdasarkan data nilai ujian nasional sewaktu SMP dari yang tertinggi untuk meningkatkan keseragaman. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sidik jari yang paling banyak muncul pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan kelingking adalah loop, kemudian whorl dan terendah adalah arch. Sedangkan pada jari manis jenis sidik jari yang sering muncul adalah whorl kemudian loop. Dari hasil TPA di dapat bahwa potensi siswa yang paling banyak adalah potensi numerikal-logikal dan numerikal-verbal. Hubungan antara sidik jari dengan TPA terlihat dari jenis sidik jari loop yang banyak muncul pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan kelingking menunjukkan potensi di bidang sosial, kemandirian, kreativitas dan spiritual erat kaitannya dengan potensi numerikal-logikal yang ditunjukkan berdasarkan hasil TPA, karena kemampuan bersosialisasi, mandiri, berkreasi memerlukan kemampuan numerikal-logikal serta numerikal-verbal.Kemunculan jenis sidik jari whorl pada jari manis yang mengindikasikan pencarian hal yang sempurna juga berhubungan dengan potensi numerikal-logikal terutama dalam hal pengerjaan sesuatu yang menuntut langkah yang teratur dan sistematis.

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah

Azwar, Saifuddin. 2008. Kualitas Tes Potensi Akademik Versi 07A. Yogyakarta: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2 Tahun XII 2008. ISSN 1410-4725

Bayu. 2013. Sidik Jari Cerdas (Mengenali Kecerdasan Anak Lewat Sidik Jari). Diakses dari www.republika.co.id pada tanggal 10 November 2014

Tes Potensi Akademik Online. Diakses dari situs www.tespotensiakademik.net pada tanggal 10 November 2014

Anonim. , , . Cara Membaca Sidik Jari Untuk Mengenali Potensi Bakat Diri. Diakses dari situs www.18ribu.com pada tanggal 10 November 2014

Asrori, Adib. 2009. Psikologi Remaja, Karakteristik dan Permasalahannya. Diakses dari situs http://netsains.net/2009/04/psikologi-remaja-karakteristik-dan-permasalahannya/ pada tanggal 8 November 2014

Setiawan, Hidayat Bambang. 2013. Minat Bakat dan Prestasi Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember Program Studi Muamalah). Prosiding Seminar Nasional 2013, Menuju Masyarakat Madani dan Lestari ISBN: 978-979-98438-8-3

Putra, Abriyanto Richo Perdana. 2013. Fungsi Sidik Jari Pelaku Tindak Pidana Pembunuhan Berencana Di Kepolisian Resort Sidoarjo. Skripsi. Yayasan Kesejahteraan Pendidikan Dan Perumahan, Universitas Pembagunan Nasional “VETERAN” Jawa Timur, Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, Surabaya

BPA/Faculty Ambassador. 17 Juni 2013. Sekilas tentang Tes Potensi Akademik (TPA), diakses dari situs http://psikologi.unair.ac.id/sekilas-tentang-tes-potensi-akademik-tpa/ pada tanggal 8 November 2014

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Sukariawan, I. M. A. (2019). ANALISIS DESKRIPTIF HUBUNGAN SIDIK JARI DENGAN TES POTENSI AKADEMIK (TPA) DARI KELAS X SMAN 3 DENPASAR. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 52–59. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.17308

Issue

Section

Articles