ETNOKIMIA: EKSPLORASI POTENSI KEARIFAN LOKAL SASAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA

Authors

  • Dwi Wahyudiati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38537

Keywords:

Etnokimia Kearifan Lokal Sasak Sumber Belajar Kimia

Abstract

Sebagian besar pendidik mengalami kesulitan mengintegrasikan segitiga kimia dalam pembelajaran sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep kimia yaitu pada domain mikroskopik dan simbolik. Adanya kesulitan tersebut berdampak  pada rendahnya hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa Terlebih lagi sumber belajar yang tersedia saat ini masih terfokus pada konsep-konsep yang bersifat abstrak tanpa diintegrasikan dengan pengalaman keseharian peserta didik sehingga materi kimia menjadi sulit dipahami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk relevansi kearifan lokal Sasak dengan materi kimia dan menggali potensi kearifan lokal Sasak sebagai sumber belajar pada mata kuliah Kimia Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif yang merupakan gabungan model Miles & Huberman dan Spradley. Berdasasrkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan antara lain bentuk relevansi kearifan lokal Sasak dengan materi kimia dapat ditinjau berdasarkan perspektif atau pendekatan analogi, representasi, apersepsi, visualisasi dan interpretasi dan potensi kearifan lokal Sasak lombok sebagai sumber belajar pada mata kuliah Kimia Dasar yaitu pada 5 pokok bahasan antara lain materi dan perubahannya pemisahan dan pembuatan campuran, struktur atom sistem periodik unsur, dan ikatan kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak.

References

Abramova, I., & Greer, A. (2013). Ethnochemistry and human rights. Chemistry and Biodiversity, 10(9), 1724–1728. https://doi.org/10.1002/cbdv.201300211.

Ador, N. K. S. (2017). Ethnochemistry of Maguindanaons’ on the Usage of Household Chemicals: Implications to Chemistry Education. Journal of Social Sciences (COES&RJ-JSS), 6(2S), 8–26. https://doi.org/10.25255/jss.2017.6.2s.8.26.

Agustina, A. (2017). Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia Dengan Animasi Terintegrasi Lcd Projector Layar Sentuh (Low Cost Multi Touch White Board). JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1163.

Apriana. (2020). Sikap Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kimia Sma Berbasis Reading Questioning And Answering Dipadu Creative Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(4), 3–6. http://ejournal.unwmataram.ac.id/JIPS/article/view/372.

Attas, M. N. al, & Ashraf, S. A. (1979). Aims and objectives of Islamic education. Hodder and Stoughton.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.

Çalik, M., Ültay, N., Kolomuç, A., & Aytar, A. (2015). A cross-age study of science student teachers’ chemistry attitudes. Chemistry Education Research and Practice, 16(2), 228–236. https://doi.org/10.1039/c4rp00133h.

COLL, R. K., DALGETY, J., & SALTER, D. (2002). the Development of the Chemistry Attitudes and Experiences Questionnaire (Caeq). Chem. Educ. Res. Pract., 3(1), 19–32. https://doi.org/10.1039/b1rp90038b.

De Jong, O. (2018). Making chemistry meaningful. Conditions for successful context-based teaching. Educación Química, 17(4e), 215. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2006.4e.66010.

Fadli, A. (2018). Chemical Bonding and Local Islamic Wisdom of Sasak Tribe, Lombok, West Nusa Tenggara. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 16(1), 53–67. https://doi.org/10.24090/ibda.v16i1.1389.

Fadli, A. (2019). Analisis Sikap Ilmiah Calon Guru PAI dalam Perspektif Gender. JURNAL SCHEMATA Pascasarjana UIN Mataram, 8(2), 207–216. https://doi.org/10.20414/schemata.v8i2.1353.

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The effect of local wisdom-based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of pre-service islamic teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a.

Hasanah, J., Wahyudiati, D., & Ningrat, H. K. (2018). Pengembangan Kartu Bergambar Sains Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan Kelas VIII MTS Darul Aman Selagalas Tahun Pelajaran 2015/2016. Biota, 9(2), 241–255. https://doi.org/10.20414/jb.v9i2.51.

Huitt, W., & Dawson, C. (2011). Social Development: Why It Is Important and How To Impact It. Social Development, 20(2006), 1–27. http://edpsycinteractive.org/papers/socdev.docx.

Jofrishal, J., & Seprianto, S. (2020). Implementasi Modul Kimia Pangan Melalui Pendekatan Etnokimia di SMK Negeri Aceh Timur Program Keahlian Tata Boga. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 168–177. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17262.

Marasinghe, B. (2016). Ethnochemistry and Ethnomedicine of Ancient Papua New Guineans and Their Use in Motivating Students in Secondary Schools and Universities in PNG. Universal Journal of Educational Research, 4(7), 1718–1720. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040726.

Prasetiawati, P. (2018). Integrated character education model sebagai alternatif solusi mengatasi degradasi moral pelajar Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 177–186. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.99.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Nurbaity. (2017). Should we learn culture in chemistry classroom? Integration ethnochemistry in culturally responsive teaching. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995108.

Rosa, M., & Clark, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de La Educación Matemática, 4(2), 32–54.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a.

Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2021). Using Local Wisdom to Foster Community Resilience During the Covid-19 Pandemic: A Study in the Sasak Community, Indonesia. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 122–127. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.059.

Sutrisno, H., Wahyudiati, D., & Louise, I. S. Y. (2020). Ethnochemistry in the Chemistry Curriculum in Higher Education: Exploring Chemistry Learning Resources in Sasak Local Wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7833–7842. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082572.

Villafañe, S. M., & Lewis, J. E. (2016). Exploring a measure of science attitude for different groups of students enrolled in introductory college chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 17(4), 731–742. https://doi.org/10.1039/c5rp00185d.

Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27.

Wahyudiati, D. (2021). SPIN. 3(1), 45–53. https://doi.org/10.20414/spin.v3i1.3333.

Wahyudiati, D., Rohaeti, E., Irwanto, Wiyarsi, A., & Sumardi, L. (2020). Attitudes toward chemistry, self-efficacy, and learning experiences of pre-service chemistry teachers: Grade level and gender differences. International Journal of Instruction, 13(1), 235–254. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13116a.

Wahyudiati, D., Sutrisno, H., & Isana Supiah, Y. L. (2019). Self-efficacy and attitudes toward chemistry of pre-service chemistry teachers: Gender and grades level perspective. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1041–1044.

Wiwit; Ginting, S. M., & Firdaus, M. L. (2013). Penerapan Pembelajaran Kimia Dasar Menggunakan Media Powerpoint 2010 Dan Phet Simulation Dengan Pendekatan Modification Of Reciprocal Teaching Berbasis Konstruktivisme. Exacta, 11(1), 29–32.

Downloads

Published

2021-10-16

How to Cite

Wahyudiati, D., & Fitriani, F. (2021). ETNOKIMIA: EKSPLORASI POTENSI KEARIFAN LOKAL SASAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38537

Issue

Section

Articles