Application of the Argument-Driven Inquiry Learning Model in Stimulating Students' Scientific Argumentation Skills on Acid-Base Material

Authors

  • Siti Salsabila Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Siti Aisyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Isriyanti Affifah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.39162

Keywords:

Argument Driven Inquiry, Argumentasi Ilmiah, Asam Basa

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan abad 21 yang perlu dimiliki untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar dan menyelesaikannya dengan konsep serta pengetahuan yang telah dimiliki.  Namun masih banyak siswa yang kurang memiliki literasi sains. Rendahnya literasi sains peserta didik mengakibatkan sulitnya peserta didik dalam mengintegritaskan pengetahuan yang didapat dengan empat aspek litersi sains. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry pada materi asam basa. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan One-Group Pretest-Postest. Sampel yang digunakan yaitu 30 orang peserta didik kelas XI IPA. Pemilihan sampel menggunakan cara Purposive Sampling. Instrument penelitian yaitu instrument tes pilihan ganda beralasan, lembar observasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan uji paired sample t-test. Hasil perhitungan uji paired sample t-test sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Peserta didik lebih aktif saat pembelajaran dan memberikan argumentasi ilmiah sesuai dengan komponen argumentasi ilmiah yang baik.

Author Biographies

Siti Salsabila Utami, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Mahasiswa Pendidikan Kimia

Ratna Sari Siti Aisyah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dosen Pendidikan Kimia Untirta

Isriyanti Affifah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dosen Pendidikan Kimia Untirta

References

Cigdemoglu, C., Arslan, H. O. and Cam, A. 2017. Argumentation to Foster Pre-Service Science Teachers Knowledge, Competency, and Attitude on The Domains of Chemical Literacy of Acids and Bases, Chemistry Education Research And Practice. Royal Society of Chemistry, 18(2), pp. 288–303. doi: 10.1039/c6rp00167j.

Demircioglu, T. and Ucar, S. 2015. Investigating The Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(1), pp. 267–283. doi: 10.12738/estp.2015.1.2324.

Ginanjar, W. S., Utari, S. and Muslim, D. 2015. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 20(1), p. 32. doi: 10.18269/jpmipa.v20i1.559.

Hasnunidah, N. et al. 2019. The Contribution of Argumentation and Critical Thinking Skills on Students’ Concept Understanding in Different Learning Models. Journal of University Teaching and Learning Practice. 17(1).

Herlanti, Y. et al. 2019. Finding Learning Strategy In Improving Science Literacy. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 5(1), p. 59. doi: 10.30870/jppi.v5i1.4902.

Ibrahim, G. A. et al. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. pp. 1–62.

El Islami, R. A. Z., Nahadi, N. and Permanasari, A. 2016. Membangun Literasi Sains Siswa Pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(2), p. 110. doi: 10.30870/jppi.v2i2.662.

Mahase, E. 2020. Coronavirus Covid-19 has Killed More People than SARS and MERS Combined, Despite Lower Case Fatality Rate. BMJ (Clinical research ed.). 368(February), p. m641. doi: 10.1136/bmj.m641.

Nurrahman, A. et al. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik. FKIP Universitas Lampung, pp. 1–13.

NuryadI et al. 2017. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta. Gramasurya

OECD. 2017. Literacy, Financial Solving, Collaborative Problem.

OECD. 2018. What 15-Year-Old Students in Indonesia Know and Can Do’, Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. pp. 1–10.

Putri, A. M. K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Salsabila, E. R., Wijaya, A. F. C. and Winarno, N. 2019. Improving Students’ Sustainability Awareness through Argument-Driven Inquiry. Journal of Science Learning. 2(2), p. 58. doi: 10.17509/jsl.v2i2.13104.

Sampson, V. and Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71(8), pp. 465–472. doi: 10.1662/005.071.0805.

Sampson, V., Grooms, J. and Walker, J. P. 2011. Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Students Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft Written Arguments: an Exploratory Study. Science Education, 95(2), pp. 217–257. doi: 10.1002/sce.20421.

Walker, J. P., Van Duzor, A. G. and Lower, M. A. 2019. Facilitating Argumentation in the Laboratory: The Challenges of Claim Change and Justification by Theory. Journal of Chemical Education, 96(3), pp. 435–444. doi: 10.1021/acs.jchemed.8b00745.

Wulandari, D. 2020. Pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Argumentasi Mahasiswa pada Materi Laju Reaksi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Utami, S. S., Aisyah, R. S. S., & Affifah, I. (2022). Application of the Argument-Driven Inquiry Learning Model in Stimulating Students’ Scientific Argumentation Skills on Acid-Base Material . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(1), 38–45. https://doi.org/10.23887/jpk.v6i1.39162

Issue

Section

Articles