DAMPAK MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP HIDROLISIS GARAM SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.28871Kata Kunci:
Pemahaman Konsep, discovery Learning, STEM.Abstrak
Salah satu materi kimia yang membutuhkan pemahaman konsep yang benar karena banyak mengandung konsep yang abstrak dan kompleks adalah materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model discovery learning berpendekatan science, technology, eengineering, and mathematic (STEM) terhadap pemahaman konsep siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental ini menggunakan disain Pretest-Posttest Control Group. Sampel berjumlah 180 siswa, yaitu sebanyak 91 siswa kelompok eksperimen dan 89 siswa kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan model Discovery Learning berpendekatan STEM, dan untuk kelompok kontrol dibelajarkan dengan model Discovery Learning berpendekatan Saintifik Inkuiri. Intrumen yang digunakan adalah four-tier multiple choice test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Mann-Whitney dan Wilcoxon dengan taraf signifikan kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Temuan ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berpendekatan STEM terhadap pemahaman konsep siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran kimia di masa depan. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Referensi
Bozkurt Altan, E., & Ercan, S. (2016). STEM education program for science teachers: Perceptions and competencies. Journal of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 103–117. https://doi.org/10.12973/tused.10174a.
Chi, S., Wang, Z., Luo, M., Yang, Y., & Huang, M. (2018). Student progression on chemical symbol representation abilities at different grade levels (Grades 10–12) across gender. Chemistry Education Research and Practice, 19(4), 1055–1064. https://doi.org/10.1039/c8rp00010g.
Choiriah, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran STEM terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa.
Chonkaew, P., Sukhummek, B., & Faikhamta, C. (2019). STEM Activities in Determining Stoichiometric Mole Ratios for Secondary-School Chemistry Teaching. Journal of Chemical Education, 96(6), 1182–1186. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.8b00985.
DeJarnette, N. K. (2012). America’s children: Providing early exposure to STEM (science, technology, engineering and math) initiatives. Education, 133, 77–84. http://www.ingentaconnect.com/contentone/prin/ed/2012/00000133/00000001/art00008.
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936.
Emden, M., Weber, K., & Sumfleth, E. (2018). Evaluating a learning progression on “Transformation of Matter” on the lower secondary level. Chemistry Education Research and Practice, 19(4), 1096–1116. https://doi.org/10.1039/c8rp00137e.
Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079.
Giamellaro, M., & Siegel, D. R. (2018). Coaching teachers to implement innovations in STEM. Teaching and Teacher Education, 76, 25–38. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.08.002.
Günter, T., & Alpat, S. K. (2019). What is the Effect of Case-Based Learning on the Academic Achievement of Students on the Topic of “Biochemical Oxygen Demand?” Research in Science Education, 49(6), 1707–1733. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9672-9.
Gustiani, I., Widodo, A., & Suwarma, I. R. (2017). Development and validation of science, technology, engineering and mathematics (STEM) based instructional material. AIP Conference Proceedings, 1848(1), 60001. https://doi.org/10.1063/1.4983969.
Hadenfeldt, J. C., Bernholt, S., Liu, X., Neumann, K., & Parchmann, I. (2013). Using Ordered Multiple-Choice Items To Assess Students’ Understanding of the Structure and Composition of Matter. Journal of Chemical Education, 90(12), 1602–1608. https://doi.org/10.1021/ed3006192.
Heryanti, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Projek PLTMH. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 77. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3241.
Indrianingrum, R., Mahardika, Ik., Wahyuni, D., a, S., a, I., & Hariyadi, S. (2018). Effectiveness of Stem-Based Science Student Worksheet in Improving Multiple Representation Ability of Junior High School Students. International Journal of Advanced Research, 6(4), 1366–1369. https://doi.org/10.21474/ijar01/6995.
Junarti, Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2018). Deskripsi pemahaman konsep siswa pada materi perubahan kimia dan fisika di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–9. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/107-114/1717.
Kadir, K., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2018). Penerapan Langkah-langkah Pembelajaran Van Hiele Berbantuan Media Manipulatif sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segiempat Siswa. Jurnal Pendidikan Teori , Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10434.
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977.
Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.
Lestari, N. K. A. suci, & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215.
Lisna, A. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP N 4 Sipirok Kelas VII melalui pendekatan realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1(1), 1. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p.
Magfiroh, L., Santosa, Dan Suryadharma, I. B. (2016). Identifikasi tingkat pemahaman konsep stoikiometri pada pereaksi pembatas dalam jenis-jenis reaksi kimia siswa kelas x mia negeri 4 malang. Pembelajaran Kimia (J-PEK), 01(2), 32–37. http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/766.
Meiliawati, R. (2019). Pemahaman Konsep Sifat Jari-Jari Atom Dan Keelektronegatifan Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Semester IV Tahun Ajaran 2016/2017 Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 38–45. https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.19.
Morell, L., Collier, T., Black, P., & Wilson, M. (2017). A construct-modeling approach to develop a learning progression of how students understand the structure of matter. Journal of Research in Science Teaching, 54(8), 1024–1048. https://doi.org/10.1002/tea.21397.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2994.
Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808. .
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa KelaS 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41.
Pandaleke, M., Munzil, & Sumari. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 387—394. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293.
Peters, M. A., Rizvi, F., McCulloch, G., Gibbs, P., Gorur, R., Hong, M., Hwang, Y., Zipin, L., Brennan, M., Robertson, S., Quay, J., Malbon, J., Taglietti, D., Barnett, R., Chengbing, W., McLaren, P., Apple, R., Papastephanou, M., Burbules, N., … Misiaszek, L. (2020). Reimagining the new pedagogical possibilities for universities post-Covid-19: An EPAT Collective Project. Educational Philosophy and Theory, 1–45. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1777655.
Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90.
Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhery, T. (2017). Implepmentasi STEMI Pada Pembelajaran Kimia dalam rangka Menerapkan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, 1(1), 8–13. http://www.conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/664.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal RontalKeilmuan, 5(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia, XI(1), 65–79.
Uliyandari. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (descriptive research). Skripsi, Hlm 6-9.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388.
Wang, H., Moore, T. J., Roehrig, G. H., & Park, M. S. (2011). STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.5703/1288284314636.
Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.
Wulandari, P. A., Dasna, I. W., & Nazriati. (2019). STEM learning Can improve argumentation skill : a literature review. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SNKP), November, 382–387. http://kimia.fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/35-Putri-Adita-Wulandari.pdf.
Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Ibnu, M. S. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik dan Simbolik Siswa pada Materi asam-basa. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(2), 44–49. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p009.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)