Efektivitas Video Panduan Menggunakan Bahan Kimia untuk Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium

Penulis

  • I Dewa Putu Subamia Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Nyoman Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Widiasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.29535

Kata Kunci:

effectiveness, video guide, health, safety

Abstrak

Masih adanya kecelakaan dalam menggunakan bahan kimia yang berpotensi mengancam kesehatan dan keselamatan praktikan, menunjukkan bahwa pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium kimia masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas video panduan menggunakan bahan kimia untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja. Desain penelitian adalah pre-experimental dengan model one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling melalui google form. Jumlah sampel 31 orang dipilih secara acak dari keseluruhan mahasiswa yang mengisi form pre tes dan post tes. Metode pengumpulan data adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji paired sample t test, dan uji persentase efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest, mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil uji persentase efektivitas 81,50% terkategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian video panduan menggunakan bahan kimia efektif meningkatkan pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja menggunakan bahan kimia.

Biografi Penulis

I Dewa Putu Subamia, Universitas Pendidikan Ganesha

Fakultas MIPA

I Gusti Ayu Nyoman Sri Wahyuni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Fisiska

Ni Nyoman Widiasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Biologi

Referensi

Ariaji, R., Nasirsah, N., & Siregar, S. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia SMA/MA Menggunakan Camtasia Studio 8. EKSAKTA :JurnalPenelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 47–55. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i1.55-64.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Rajawali Press.

Goh, E., & Lee, C. (2018). A workforce to be reckoned with: The emerging pivotal Generation Z hospitality workforce. International Journal of Hospitality Management, 73(January), 20–28. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.01.016.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Isnainy, H., Hasyim, H., & Sitorus, R. J. (2014). Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya Tahun 2009. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(1). https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/126.

Lasia, I. K. (2013). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Tentang Dampak Penggunaan Bahan Kimia Dalam Praktikum Kimia Organik terhadap Kesehatan (Studi Menuju Pengelolaan Laboratorium Kimia yang Aman Bagi Kesehatan). Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Malaha, A. (2020). Analisis Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Tenaga Kerja Pada Tenaga Laboran di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Mandiri Gorontalo. Journal of Health, Technology and Science (JHTS), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.47918/jhts.v1i1.17.

Munir. (2020). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy. Antimicrobial agents and chemotherapy.

Purnomo, E. S., & Saputro, D. E. (2016). Evaluasi Penerapan Prinsip Kesehatan Dan Keselamatan Kerja ( K3 ) Pada Pelaksanaan Kegiatan Praktikum. Integrated Lab Journal, 4(2), 207–216. http://202.0.92.5/pusat/integratedlab/article/view/1135.

Ridasta, B. A. (2020). Penilaian Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Kimia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(1), 64–75. https://doi.org/10.15294/higeia.v4i1.33891.

Sherin, M. G., & Dyer, E. B. (2017). Teacher Self-captured Video: Learning to See. Phi Delta Kappan, 98(7), 49–54. https://doi.org/10.1177/0031721717702632.

Subamia, I. D. P., Sriwahyuni, I. G. A. N., & Widiasih, N. N. (2019). Analisis Resiko Bahan Kimia Berbahaya di Laboratorium Kimia Organik. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 49–70. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/download/17144/pdf.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Susiani, I. I. (2017). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Wujud dari Kebijakan K3 di PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1.

Syakbania, D. N., & Wahyuningsih, A. S. (2017). Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Kimia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(2), 49–57. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/14126.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Yamin, M. (2020). Perilaku Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa dalam Pembelajaran Praktikum di SMKN 2 Sidenreng. Jurnal of Admiration, 1(3), 207–214. http://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/59.

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Subamia, I. D. P., Sri Wahyuni, I. G. A. N., & Widiasih, N. N. (2021). Efektivitas Video Panduan Menggunakan Bahan Kimia untuk Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.29535

Terbitan

Bagian

Articles