Modul Pembelajaran Kimia SMP Berbasis Scientific Approach pada Materi Asam dan Basa Berdasarkan Kurikulum 2013

Penulis

  • D. N. Marpaung Program Studi Pendidikan Kimia, Universita Musamus, Merauke, Indonesia
  • J. J. Pongkendek Program Studi Pendidikan Kimia, Universita Musamus, Merauke, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.33647

Kata Kunci:

Pengembangan, Modul, Scientific Approach, Asam dan Basa

Abstrak

Banyak guru yang menerapkan pembelajaran teacher center yang membuat siswa menjadi tidak mandiri dalam belajar. Selain itu, kurangnya media pembelajaran membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul scientific approach pada materi asam dan basa, mengetahui tingkat kelayakan modul dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan Model ADDIE.  Subjek uji coba berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada dosen dan guru sebagai validator untuk modul. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis uji kelayakan modul yang divalidasioleh ahli dinyatakan sangat layak pada aspek materi yaitu sebesar 85,6%, validasi kelayakan penyajian diperoleh sebesar 74,5% termasuk kategori layak, kelayakan penggunaan bahasa sekitar 86,1 dikategorikan sangat layak dan komponen kelayakan kegrafikan diperoleh sebesar 92,3% dikategorikan sangat layak. Respon siswa secara keseluruhan terhadap modul yaitu lah sebesar 87.38% termasuk kategori sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang pembelajaran. Jadi modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Implikasi penelitian ini yaitu modul yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar.

Referensi

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(I), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20527.

Ariana, Situmorang, & Krave. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484.

Cecep, Mutaqin, & Pamungkas. (2019). Pengembangan Modul Quick Math Berbasis Mobile Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika di SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1761.

Çepni, S., Ülger, B. B., & Ormanci, Ü. (2017). Pre-service science teachers’ views towards the process of associating science concepts with everyday life. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 1–15. https://doi.org/10.12973/tused.10208.

Citrawathi, Adnyana, & Santiasa. (2016). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Modul Inkuiri Berbasis Pertanyaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8289.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Darwin, Ridwan, & Ahyanuardi. (2020). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Siswa TKJ Tingkat SMK. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 147–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27259.

Diantari, Damayanthi, Sugihartini, & Wirawan. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166.

Dita, S. W., Wisanti., A., & Reni. (2014). “Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi., 3(3), 410–415.

Divayana, Hendra, D. G., Suyasa, W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922.

Donaldson, J. P. (2020). Conceptualizations of Learning in the Learning Sciences. Paper presented at the American Educational Research Association Annual Meeting. (April 17 – 21). San Francisco, California.

Fitriana, Lesmanawati, & Maknun. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiri Sederhana Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Ma Khas Kempek Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v3i1.555.

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Guido, R. I. D. (2014). Evaluation of a Modular Teching Approach In Materials Science and Enginaring. 2(11), 1126–1130.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862.

Jayananda, D., Arnyana, I., & Lasmawan, I. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multimodal melalui analisis muatan pengetahuan dan keterampilan ipa pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas v sekolah dasar. 10(2), 61–69.

Katimo, Suparmi, & Sukarmin. (2016). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi terhadap Prestasi dan Kreativitas Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i2.9482.

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.

Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190.

Lestari, Negara, & Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10731.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.

Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583.

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123.

Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530.

Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393.

Rahayu, W. E., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Stancescu, I., Draghicescu, L. M., Petrescu, A.-M. A., & Gorghiu, G. (2019). Reflective Practice in the Context of Teachers` Continuous Professional Development. Pro Edu. International Journal of Educational Sciences, 1(1), 5–14. https://doi.org/10.26520/peijes.2019.1.1.5-14.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473–480. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783.

Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9.

Udayana, Wirawan, & Divayana. (2017). Pengembangan E-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII rekayasa perangkat lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 6(2), 128–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/ta’lim.v1i1.632.

Widyaningrum, D. A., & Wahyuni, L. (2020). Analis Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching Pair Share. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.268.

Zeren Özer, D., & Güngör, S. N. (2017). Analysis of middle school students’ views and impressions about a science center. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 108–125. https://doi.org/10.12973/tused.10216a.

Diterbitkan

2021-06-25

Cara Mengutip

Marpaung, D. N., & Pongkendek, J. J. (2021). Modul Pembelajaran Kimia SMP Berbasis Scientific Approach pada Materi Asam dan Basa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.33647

Terbitan

Bagian

Articles