PENGARUH MODEL TIME TOKEN BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • Ni Made Eva Suryantari
  • I Nengah Suadnyana
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent control grup desain. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas IV di SDN Gugus Dewi Sartika sebanyak 331 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA SDN 3 Kesiman dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVA SDN 10 Kesiman dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t (polled varians) melalui uji hipotesis diperoleh thitung = 3,813 > ttabel = 2,000 dengan dk = 67 dan taraf signfikansi 5% berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen  1 = 0,412 >  2 = 0,290 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian maka, Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Time Token berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran Time Token berbasis Tri Hita Karana.

References

Daftar Pustaka

Agung, A.A Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A Gede. 2013. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Anjani, Putu Sri. 2017. “Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusna PGSD Volume 5 No: 2 (hlm.1-11).

Anjarsari, Km. Yungki. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan OPS”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume 5 No: 2 (hlm.1-11).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Atmaja, dkk. 2010. Etika Hindu. Surabaya: Paramita.

Chotimah, Chusnul dan Muhammad Fathurrohman. 2018. Paradigma BaruSistem Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran.Bandung : Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Ningzaswati, Dwi Ratna. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD”. e-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 5 (hlm.1-12).

Rosmala, Amelian dan Isrok’Atun. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenanda Media Group.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sulistyowati, Eka dan Asih Widi Wisudawati. 2017. Metodelogi Pembelajaran IPA .Jakarta: Bumi Aksara.

Suryanni, dkk.2014. Pendidikan Agama Hindu Di Perguruan Tinggi. Denpasar: Udayana University Press.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wiana, I Ketut.2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Wirawan, I Made Adi. 2015. Tri Hita Karana. Surabaya: Paramita

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). PENGARUH MODEL TIME TOKEN BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 62–72. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773

Issue

Section

Articles