PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V

Authors

  • Md Ayu Candra Dewi
  • I Gusti Ayu Agung Sri Asri
  • Ni Wayan Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita  Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 470 siswa. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh harga thitung = 8,239 > ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 68, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Hal ini membuktikkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Nilai rata-rata juga menunjukan bahwa kompetensi pengetahuan PPKn yang diperoleh siswa kelas eksperimen  siswa kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2018/2019.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Agung, Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Arikunto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara .

Asef. 2011. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Tersdia pada https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf (diakses tanggal 21 Februari 2019, pukul 17.00). Bumi Aksara.

Candisa, Made. 2004. Statistik Multivariat dilengkapi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Raja Gravindo Persada.

DePorter, Bobbi. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Ihsan. 2017. Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Tersedia Pada http://journal.umpo.ac.id/index.php/ JPK/index (diakses tanggal 16 Maret, pukul 15.00)

Ikhsanudin, Eka. 2014. Permendikbud RI Nomor 57 Tahun 2014. Tersedia pada

https://www.ekaikhsanudin.net/2014/09/permendikbud-ri-nomor-57-tahun-2014.html (diakses tanggal 21 Februari 2019, pukul 13.50).

Jakni, S.Pd. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

Kurniasih, dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Koyan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sang Made Sarwadana. 2016. Aplikasi Tri Hita Karana. Bali: Kayumas Agung

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group

Setyosari,Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarna, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimals Kecerdasan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Trianto, S.Pd., M.Pd. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wina Sanjaya, Prof. Dr. H. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Winataputra, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Dewi, M. A. C., Asri, I. G. A. A. S., & Suniasih, N. W. (2019). PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 32–34. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Issue

Section

Articles