PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 470 siswa. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh harga thitung = 8,239 > ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 68, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Hal ini membuktikkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Nilai rata-rata juga menunjukan bahwa kompetensi pengetahuan PPKn yang diperoleh siswa kelas eksperimen siswa kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2018/2019.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Agung, Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Agung, Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Arikunto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara .
Asef. 2011. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Tersdia pada https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf (diakses tanggal 21 Februari 2019, pukul 17.00). Bumi Aksara.
Candisa, Made. 2004. Statistik Multivariat dilengkapi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Raja Gravindo Persada.
DePorter, Bobbi. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Ihsan. 2017. Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Tersedia Pada http://journal.umpo.ac.id/index.php/ JPK/index (diakses tanggal 16 Maret, pukul 15.00)
Ikhsanudin, Eka. 2014. Permendikbud RI Nomor 57 Tahun 2014. Tersedia pada
https://www.ekaikhsanudin.net/2014/09/permendikbud-ri-nomor-57-tahun-2014.html (diakses tanggal 21 Februari 2019, pukul 13.50).
Jakni, S.Pd. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
Kurniasih, dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Koyan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Sang Made Sarwadana. 2016. Aplikasi Tri Hita Karana. Bali: Kayumas Agung
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group
Setyosari,Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarna, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimals Kecerdasan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto, S.Pd., M.Pd. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wina Sanjaya, Prof. Dr. H. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Winataputra, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana