PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS I GIANYAR TAHUN 2019/2020

I Dewa Ayu Indah Gitatenia, I Wayan Wiarta, Ida Bagus Gede Surya Abadi

Abstract


Kreativitas siswa dalam pelajaran matematika dikatakan kurang, khususnya pada saat siswa menyelesaikan suatu permasalahan matematika yang diajukan oleh guru. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang inovatif dalam mengaktifkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang terdiri dari tujuh sekolah sebanyak 501 siswa. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel dan diperoleh kelas V di SD N 7 Gianyar sebagai kelompok eksperimen dan SD N 4 Gianyar sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan metode tes berupa soal cerita yang telah divalidasi. Hasil perhitungan data post-test menunjukkan nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol (eksperimen = 39,92 > kontrol = 35,87). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 4,11 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 82 diperoleh nilai ttabel (α = 0,05, 82) = 1,99 (thitung = 3,674 > ttabel = 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas V SD Gugus I Gianyar Tahun 2019/2020. Kepada peneliti lain disarankan agar dapat menggunakan temuan hasil ini untuk melakukan kajian yang lebih mendalam terkait dengan penelitian ini.


References


Adiarta, I. G. M., Candiasa, I. M., Kom, M. I., & Dantes, G. R.(2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Laps-Heuristic terhadap Hasil Belajar Tik Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,4:4.Tersediapada https://media.neliti.com/media/publications/207608-pengaruh-model-pembelajaran-laps-heurist.pdf (diakses pada tanggal 4 November 2019)

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A. Gede. 2015. Buku Ajar Desain dan Analisis Eksperimen. Singaraja: Undiksha.

Ardiantari,Ni L. Pt. Novi, dkk (2015). “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita-Citaku Siswa Kelas Ivb Sd Negeri 8 Pemecutan”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/5038/3802

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arthaningsih , Ni Kadek Juni, dkk. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika”. Journal of Education Technology. Vol. 2 (4) (hlm. 128-136). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/viewFile/16424/9843

Astami, Ni Md Wira , dkk (2016). “Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ips”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7250/4948

Astianawan, I Pt, dkk. (2016). “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Portofolio Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas III”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 (hlm 1-10) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7088/4824

Azwardi , dkk. (2019). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristik” Pi: Mathematics Education Journal Vol. 2, No. 2 (hlm 62-68) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/download/3335/2283

Cahya , Putu Dara Mangku Rila, dkk. (2019). “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 3, (hlm. 264-270) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/viewFile/14752/11523

Dantes, Nyoman. 2014. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: ANDI

Dwiningrat , Gst Ayu Agung , dkk (2014) “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2441/2113

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pembelajaran Matematika Yang Bermakna”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 3 (hlm. 181-190). https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/47/41

Gunantara, Gd. , dkk (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2058/1795

Hidayat , Wahyu , dkk. (2018). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended”. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2, No. 1, (hlm. 109-118) http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/1027/683

Ira, dkk.(2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)- Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”. Wacana Akademika Vol. 2 No 1 Tahun 2018

Kuswari, Retno, dkk(2019) “Keefektifan Model Make A Match Dengan Media Rorumat Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 1 (hlm. 20-27) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/viewFile/17406/10470

Listiani , Ni Wayan ,dkk. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 8 Blahbatuh”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2264/1960

Muliandari , Putu Tia Vivi. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika” International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 2, (hlm. 132-140). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/viewFile/18517/10942

Oktafrianto , dkk. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas Iv Sd”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 No. 3 (hlm. 218-224) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16438/9857

Oktaviani , Tian , dkk. (2019). “Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 1 (hlm. 47-52) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/viewFile/17409/10473

Puspitasari, Eka Rinda (2018) “Penerapan Pembelajaran Laps-Heuristik Untuk Meningkatkan Penalaran Siswa Kelas V Pada Materi Pecahan.” Ptk A2 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tersedia Pada http://eprints.umsida.ac.id/2953/ (Diakses pada 5 November 2019)

Putra, G. N. Pt. Adi Laksana. (2019). “Pengaruh Model SFAE Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 2, (hlm. 202-211) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/21422/13369

Putri , Dinda Kurnia , dkk. (2019). “Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah”. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 3, (hlm.351-357). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/viewFile/19497/11548

Riastini Pt. Nanci, dkk. (2017) “Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD”. International Journal Of Elementary Education. Vol.1 (hlm. 189-196). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/viewFile/11887/7584

Rini , Novia Puspita, dkk. (2019) “Keefektifan Model Pembelajaran ICM Dan Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 1 (hlm. 1-9) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/17173/10306

Sari Rachma Yunita, dkk. (2019). “Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 1, (hlm.51-56). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/viewFile/17180/10312

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ulia, Nuhyal 2016 “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD”. Universitas Islam Sultan Agung : Jurnal Tunas Bangsa (hlm 55-68) https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/download/626/586

Ulya , Himmatul. (2015). “Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa” Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2 https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/410/442

Winursiti , Ni Made (2017) “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB DI SD LAB UNDIKSHA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (4) (hlm.70-275). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/viewFile/12120/8109

Wulandari, Ni P. Rizky, dkk. (2020) “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, (hlm. 153-164) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/25103/15252

Yunita , Ni Komang Devi, dkk. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Vol. 1 (2) (hlm. 96-107) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/viewFile/20778/12853

Yusuf, A. Muri, M.Pd. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27266

Article Metrics

Abstract view : 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.