MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA

Ni Made Melani Utami, Made Putra, DB.Kt.Ngr. Putra

Abstract


Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan IPS siswa di Sekolah Dasar disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the posttest-only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas V SD sebanyak 119 siswa. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel sejumlah 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kompetensi pengetahuan IPS yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,811 dan ttabel = 2,013 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 23 + 25 – 2 = 46 sehingga thitung  > ttabel (2,811 > 2,013). Simpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.

Keywords


word square; tri kaya parisudha; IPS

References


Adnyana, Susila D. 2019. Sivaratri dalam Konsep Astronomi Hindu. Badung: Nilacakra.

Agung, A.A. Gede. 2013. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Febbrianna, Anditha. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa”. Vol. 7, No. 2 (hlm 156). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17737 (diakses tanggal 04 Pebruari 2020).

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Model pembelajaran Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Lestari, Ayu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa”. Vol. 5, No. 2 (hlm 9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10731 (diakses tanggal 04 Pebruari 2020).

Rosyid, Moh. Z., dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siska, Yulia.2016. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Suarjana. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15963 (diakses tanggal 12 Pebruari 2020).

Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Suhardana. 2007. Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Paramita.

Supardi, U.S. 2016. Aplikasi Statiska dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thyer, Bruce A. 2012. “Quasi-Eksperimental Research Design”. Florida: Florida State University.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiasih, Luh Sri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17758 (diakses tanggal 12 Pebruari 2020).

Wijaya, Tri. 2019. Panduan Praktis Menyusun silabus, RPP, dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: PT. HUTA PARHAPURAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27475

Article Metrics

Abstract view : 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.