Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Word Square Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27475Kata Kunci:
Word Square, Tri Kaya ParisudhaAbstrak
Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan IPS siswa di Sekolah Dasar disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the posttest-only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas V SD sebanyak 119 siswa. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel sejumlah 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kompetensi pengetahuan IPS yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,811 dan ttabel = 2,013 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 23 + 25 – 2 = 46 sehingga thitung > ttabel (2,811 > 2,013). Simpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu sebagai bahan masukan bagi guru dalam memilih alternatif model pembelajaran yang bervariasi untuk keperluan mengajar.
Referensi
Adnyana, S. D. (2019). Sivaratri dalam Konsep Astronomi Hindu. Nilacakra.
Agung, A. A. G. (2013). Evaluasi Pendidikan. FIP Undiksha.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737.
Herwandannu, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 3 Sdn 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12), 2201–2210. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/25699. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p429-438
Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada. DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.011.09
Kosasih, E. (2014). Model pembelajaran Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Kurniasih, I., & Berlin sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Lestari, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. 5, 9. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10731.
Selatan, D., … Selatan, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu sarana pembangunan sumber daya ma. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659.
Ristiana, F., Susanti, D., Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. 1, 169–175. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21094.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.
Setyosari, P. H. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenadamedia Group.
Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Garudhawaca.
Suarjana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15963. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15963
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfa Beta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfa Beta.
Suhardana. (2007). Tri Kaya Parisudha. Paramita.
Sujana, I. W., Bagus, I., & Surya, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media permainan TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Dalung. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11513.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Thyer, B. A. (2012). Quasi-Eksperimental Research Design. Florida State University. DOI: https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195387384.001.0001
Trisnadewi, N. K., Putra, M., & Ardana, I. K. (2020). Model Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. 25(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25152. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25152
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. 25(2), 13–25. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Widiasih, L. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17758. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758
Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. 1–8. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995.
Wijaya, T. (2019). Panduan Praktis Menyusun silabus, RPP, dan Penilaian Hasil Belajar. PT. Huta Parhapuran.