Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus

Penulis

  • Awan Yudha Persada Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.38441

Kata Kunci:

Ranah Kognitif, Cagar Budaya, Sumber Belajar

Abstrak

Cagar Budaya adalah warisan peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga dan merawat cagar budaya sebagai warisan budaya bangsa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis respon anak dalam pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif. Penelitian ini menganalisis respon anak dalam pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam. Subjek penelitian ini adalah 5 anak sekolah dasar dan petugas situs Patiayam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif pendekatan kualitatif yang mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya respon anak yang antusias dan senang secara aktif, sehingga anak memahami cara pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam. Kognitif yang dimiliki oleh anak mampu menumbuhkan sikap kepedulian anak terhadap pelestarian cagar budaya.

Biografi Penulis

Awan Yudha Persada, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nur Fajrie, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Erik Aditia Ismaya, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Aziz, F; Nurjanah, F & Sari, D.P. (2017). Aktualisasi TTB (Teori Taksonomi Bloom) Melalui Drama Kepahlawanan Guna Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Seminar Nasional. 715-724.

Bahri, S. dkk. (2019). Upaya Pelestarian Cagar Budaya Hollandsh Inlandsche School (HIS) Pertama Di Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (1) : 146-157. http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1222 DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1222

Bu’ang, M; Anggraini, R; Ambarwati, S.T; & Fadhila, Z. (2018). Pelestarian bahan pustaka di museum balaputera dewa Sumatera Selatan.Jurnal Iqra’. 12 (01) : 99-115. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v12i1.1856 DOI: https://doi.org/10.30829/iqra.v12i1.1856

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, 9 (1) : 37-50. ISSN: 2085-0344 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Fanani, F & Kurniati, A.C. (2018). Pelestarian Urban Heritage Berdasarkan Upaya Perlindungan Terhadap Bangunan Cagar Budaya di Kota Yogyakarta. Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII. ISSN 1907-5995

Hartati, U; Sumiyatun & Prasetyo, A.B. 2020. Cagar Budaya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Diakronika, 20 (2) : 143-151. https:// doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/155 DOI: https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/155

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislama. 13 (01) : 116-152. ISSN 2086-0749 DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Rahman, A; Riyani, M & Hanafiah. (2020). Cagar Budaya dan Memori Kolektif: Membangun Kesadaran Sejarah Masyarakat Lokal Berbasis Peninggalan Cagar Budaya di Aceh Bagian Timur. Mozaik Humaniora. 20 (1) : 12-25. https://dx.doi.org/10.20473/mozaik.v20i1.7513 DOI: https://doi.org/10.20473/mozaik.v20i1.15346

Rakhmad, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT.Remaja Rosda Karya

Setiawan, I. B & Bahri, S. (2017). Respon Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Kereta Api Di Desa Bagan Sinembah Kabupaten Rokan HILR. JOM FISIP . 4 (02) : 1-15. ISSN 2355-6919

Sahadi. (2019). Pelestarian Kebudayaan Daerah Melalui Kesenian Tradisional Dodod Di Kampung Pamatang Desa Mekarwangi Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang. Dinamika:Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6 (4):315-326. http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i4.3101

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wahyuningsih, P; Hasibuan, A.T & Hasanah, H. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran Di Abad 21. Al-Aulad : Journal of Islamic Primary Education, 3 (1) : 10-18. ISSN: 2615-5605 DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.4659

Wulandari, D & Hartono. (2018). Respon Estetis Anak Terhadap Kesenian Barongan Sindhung Riwut Di Kabupaten Blora. Jurnal Seni Tari, 7 (2) : 53-65. https://doi.ord/10.15294/jst.7i2.25846.

Diterbitkan

2022-01-02

Cara Mengutip

Persada, A. Y., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 46–51. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.38441

Terbitan

Bagian

Articles