Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Materi Aksara Bali Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i1.50956Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Aksara BaliAbstrak
Kurangnya minat siswa dalam mempelajari aksara bali menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD. Hal ini disebabkan oleh sulitnya siswa dalam memahami aksara bali pada saat pembelajaran online di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe materi aksara bali kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan metode dan instrument pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian terdiri dari ahli materi pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli isi diperoleh persentase sebesar 97,72% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 91,07 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 96,43 dengan kualifikasi sangat bai. Uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 95,23% dengan kualifikasi sangat baik. Media pembelajaran berbasis sparkol videscribe materi aksara bali kelas IV SD layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasinya menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe materi aksara bali mengakibatkan kegiatan pembelajaran menjadi interaktif, menyenangkan, dan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa.
Referensi
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Arrosagaray, M., Gonzálezo, M., Pino, M., & Rodríguez, B. (2019). A comparative study of Spanish adult students’ attitudes to ICT in classroom, blended and distance language learning modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016
Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fitriani, N. L. P., Yudiana, K., & Margunayasa, I. G. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386
Ihsan, M. S. (2021). Penyuluhan Literasi Belajar Online Untuk Masyarakat Bersama Komunitas Pemuda Mandiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676
Khairani, A., & Qurata Ain, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Statistika Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 219–238. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898
Mashuri, D., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(05), 893–903.
Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018 / 2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga Pendidikan merupakan komponen pent- kepribadian yang lebih baik . Menurut Tri- dengan perubahan. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36436.
Nagge, J. J., Killeen, R., & Jennings, B. (2018). Using a course pilot in the development of an online problem-based learning (PBL) therapeutics course in a post-professional PharmD program. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(2), 231–234. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005
Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Pratiwi, U., Setyaningrum, R. A., & Kurniawan, E. S. (2020). Implementation of sparkol videoscribe physics-based learning media pace to improve students’ analytical skills. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6839. DOI: https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6839
Putra, I. W. D. P., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Science Learning with VideoScribe-Based Learning Video for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883
Putra, N. A., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Pembina Singaraja Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260.
Rahiem, M. D. H. (2021). Remaining motivated despite the limitations: University students’ learning propensity during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 120, 105802. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802
Rahmatika, & Ratnasari. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893
Song, H. J., Ruan, W. J., & Jeon, Y. J. J. (2021). An integrated approach to the purchase decision making process of food-delivery apps: Focusing on the TAM and AIDA models. International Journal of Hospitality Management, 95(5). https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102943. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102943
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.
Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/19641/11367.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 791–800. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Wardani, W. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Aksara Bali Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 173–182. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44586. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44586
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Astawan, I. G. (2021). Ecosystem Learning with Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8