Video Pembelajaran Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD

Penulis

  • I Made Angga Dwi Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd. Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd. Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.58990

Kata Kunci:

Pengembangan, Video Pembelajaran, Tri Hita Karana

Abstrak

Pemanfaatan teknologi dan media yang kurang optimal dan bervariatif saat proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan media seperti video pembelajaran guna mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian bertujuan untuk menciptakan media berupa video pembelajaran untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode kuesioner/angket, dan terakhir yaitu metode tes. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 pakar konten, 1 pakar media, 1 pakar desain pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan uji ahli rancang bangun sebesar 90% (sangat baik), uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 94% (sangat baik). Nilai thitung lebih dari ttabel (7.554 lebih dari 1,990), artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran pada kompetensi pengetahuan IPS materi kegiatan ekonomi siswa kelas V SD. Jadi, pengembangan media video pembelajaran Subak Jatiluwih berbasis Tri Hita Karana efektif diterapkan pada muatan IPS materi kegiatan ekonomi kelas V SD.

Referensi

Agung. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan).

Agus, M., Pradnyana Dita, D., Made, I., Wiranata, R. A., Sari, K., & Sujana, I. W. (2019). Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karana Dalam Pengembangan Karakter SD. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 97–105. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.21228.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Ayu, Manu, & Priantini. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4, 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608

Budiasih, N. W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Ajaran Tri Hita Karana. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 56–64. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW.

Colasante, M., & Douglas, K. (2016). Prepare-participate-connect: Active learning with video annotation. Australasian Journal of Educational Technology, 32(4), 68–91. https://doi.org/10.14742/ajet.2123. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.2123

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Eli, W., & Fajari, L. E. W. (2020). Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar ( PLAS ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1), 58–66. https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3499. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.234

Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2018). What works and doesn’t work with instructional video. Computers in Human Behavior, 89, 465–470. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.015

Fitri, F., & Ardipa. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87

Fitriani, N. L. P., Yudiana, K., & Margunayasa, I. G. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Hakami, M. (2020). Using Nearpod as a Tool to Promote Active Learning in Higher Education in a BYOD Learning Environment. Journal of Education and Learning, 9(1), 119–126. https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119

Hariati, P., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa the Effect of Using Animation Video Media on Student Responses in Mathematics Learning on Operating Number of Round Numbers. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657. DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating video animation from single still image in social media based on intelligent computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811

Indriani, M. N., Mahapatni, I. A. P. S., Widnyana, I. N. S., & Laintarawan, P. (2019). Menelusuri Keberadaan Jaringan Irigasi Subak Di Kota Denpasar. Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 35–51. https://doi.org/10.32795/jsb.v2i1.289. DOI: https://doi.org/10.32795/jsb.v2i1.289

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.

Lestari, K. P. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895

Lestari, N. K. A. suci, & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215

Lestari, P. F. K., Sukanteri, N. P. S., & Amaral, N. P. A. A. (2021). The Farmers Participation in Agro-Tourism Development in Subak Jatiluwih, Penebel District, Tabanan Regency. SEAS (Sustainable Environment Agricultural Science), 5(2), 96–104. https://doi.org/10.22225/seas.5.2.3967.96-104. DOI: https://doi.org/10.22225/seas.5.2.3967.96-104

Mantaka, I. N., Sendratari, L. P., & Margi, K. (2017). Pengintegrasian Kearifan Lokal Subak Abian Catu Desa Sambirenteng Buleleng Bali Sebagai Sumber Belajar Ips Di Smp. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828 DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2828

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368

Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10789.

Rangkuti, & Armeini, A. (2017). Statistika Inferensial. In Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Kencana.

Rashid, A., Farooq, M. S., Abid, A., Umer, T., Bashir, A. K., & Zikria, Y. Bin. (2021). Social media intention mining for sustainable information systems: categories, taxonomy, datasets and challenges. Complex & Intelligent Systems. https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Rositayani, N. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452

Rusydiyah. (2020). Media Pembelajaran Problem based learning. In Emergency Medicine Journal (Vol. 21, Issue 4).

Santosa, I. G. N. (2022). Strengthening the Supporting Factors of Jatiluwih Subak for its Sustainability as World Cultural Heritage Bali, Indonesia. IJFMR-International Journal For Multidisciplinary Research, 4(3). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2022.v04i03.002. DOI: https://doi.org/10.36948/ijfmr.2022.v04i03.002

Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.

Sastra Wibawa. (2020). Kearifan Lokal Bali. In Unhi Press.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading., I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820

Sri Widari, D. A. D. (2021). Dampak Pengelolaan Subak Jatiluwih sebagai Warisan Budaya terhadap Lingkungan. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.48

Suardika. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Untuk Materi Renang Gaya Dada (Breast Stroke) Berlandaskan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885. DOI: https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Susila, I. G. (2019). Implikasi Pasang-Surutnya Dukungan Terhadap Warisan Budaya Dunia Subak Jatiluwih Tabanan, Bali. Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 1(2), 45–58. https://doi.org/10.46837/journey.v1i2.28. DOI: https://doi.org/10.46837/journey.v1i2.28

Tegeh. (2014). Metodelogi Penelitian Pengembangan. In Buku Ajar (p. 139).

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 49. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894

Windia, W., Suamba, I. K., Sumiyati, S., & Tika, W. (2018). Sistem Subak Untuk Pengembangan Lingkungan Yang Berlandaskan Tri Hita Karana. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 12(1), 118. https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10. DOI: https://doi.org/10.24843/SOCA.2018.v12.i01.p10

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515

Yasa, I. M., Sukadi, S., & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Diterbitkan

2023-02-22

Cara Mengutip

I Made Angga Dwi Permana, Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd., & I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd. (2023). Video Pembelajaran Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 66–79. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.58990

Terbitan

Bagian

Articles