GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL

Authors

  • I Gusti Bagus Arjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.122

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Lembaga Pendidikan dibentuk oleh beberapa
disiplin ilmu, yakni: Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, serta
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Geografi sebagai suatu disiplin ilmu secara
konseptual memiliki bidang kajian bumi sebagai ekosfer yang membentuk lingkungan hidup.
Komunitas manusia memiliki karakter yang spesifik sebagai resultante dari hubungan kausal
antara lingkungan fisiogeografi dan lingkungan sosiogeografi. Di sinilah dituntut peran Geografi
dalam mengkaji manusia sebagai bagian dari komunitas secara utuh dan menggali potensi modal
sosialnya untuk dikembangkan dalam kehidupan masyarakat dan menjaga integrasi nasional.
Menurunnya nasionalisme dan dekadensi cinta terhadap tanah air, diawali dengan hilangnya
kesadaran terhadap pentingnya landasan sejarah, geografi dan kultural yang menyatukan
pengalaman bersama sebagai warga bangsa Indonesia. Modal sosial dapat dikembangkan dengan
jalan meningkatkan kesadaran geografis, melalui pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai
fenomena, dan melalui pembelajaran Geografi, yang mengkaji secara utuh lingkungan fisiogeografi
dan lingkungan sosiogeografi.
Kata-kata kunci: pembelajaran geografi, ilmu pengetahuan sosial, modal sosial

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Arjana, I. G. B. (2010). GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.122