GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.122Abstrak
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Lembaga Pendidikan dibentuk oleh beberapadisiplin ilmu, yakni: Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, serta
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Geografi sebagai suatu disiplin ilmu secara
konseptual memiliki bidang kajian bumi sebagai ekosfer yang membentuk lingkungan hidup.
Komunitas manusia memiliki karakter yang spesifik sebagai resultante dari hubungan kausal
antara lingkungan fisiogeografi dan lingkungan sosiogeografi. Di sinilah dituntut peran Geografi
dalam mengkaji manusia sebagai bagian dari komunitas secara utuh dan menggali potensi modal
sosialnya untuk dikembangkan dalam kehidupan masyarakat dan menjaga integrasi nasional.
Menurunnya nasionalisme dan dekadensi cinta terhadap tanah air, diawali dengan hilangnya
kesadaran terhadap pentingnya landasan sejarah, geografi dan kultural yang menyatukan
pengalaman bersama sebagai warga bangsa Indonesia. Modal sosial dapat dikembangkan dengan
jalan meningkatkan kesadaran geografis, melalui pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai
fenomena, dan melalui pembelajaran Geografi, yang mengkaji secara utuh lingkungan fisiogeografi
dan lingkungan sosiogeografi.
Kata-kata kunci: pembelajaran geografi, ilmu pengetahuan sosial, modal sosial
Unduhan
Diterbitkan
2010-10-01
Cara Mengutip
Arjana, I. G. B. (2010). GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.122
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)