PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.124Abstract
Evaluasi merupakan bagian yangamat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi manual dengan instrumen evaluasi tercetak
memiliki beberapa kelemahan antara lain: (1) memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyak
untuk memproduksi instrumen, (2) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk proses
pengskoran dan pengolahan skor, (3) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk pemberian
umpan balik kepada responden, dan (4) secara psikologis evaluasi manual sering menimbulkan
kecemasan pada peserta tes. Kondisi di atas sangat mendesak untuk diatasi. Suatu mekanisme
evaluasi perlu diciptakan untuk menanggulangi kelemahan-kelemahan di atas. Pada kesempatan
ini, dicoba dikaji evaluasi online. Fasilitas hiperteks yang dimiliki internet/intranet dilengkapi
dengan sistem basis data yang dinamis dicoba dimanfaatkan sebagai fasilitas pendukung evaluasi
online. Evaluasi online diharapkan mampu memberikan hasil evaluasi secara tepat dan cepat.
Penelitian ini merupakan pembangunan perangkat lunak (software) dengan sasaran akhir
terbangunnya sebuah perangkat lunak berupa web untuk mendukung evaluasi online. Selanjutnya,
sistem yang terbentuk diuji dalam kelompok kecil mahasiswa jurusan Manajemen Informatika
Undiksha. Sistem evaluasi on-line ini telah berhasil mengembangkan rancang bangun beserta
implementasinya. Fungsi-fungsi yang bisa diakomodasi oleh sistem ini adalah mengelola data
mahasiswa, mengelola data soal ujian, mengatur beberapa setting yang diperlukan. Sistem evaluasi
on-line ini diuji dalam kelompok kecil mahasiswa dan diperoleh hasil bahwa evaluasi online ini
cenderung diterima baik oleh mahasiswa.
Kata-kata kunci: evaluasi pembelajaran, evaluasi online, prototyping, web.
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Setemen, K. (2010). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.124
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)