MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS

Authors

  • Ni Made Sri Mertasari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.128

Abstract

Modul web dengan pola insentif untuk perkuliahan bilingual pada
mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI telah diimplementasikan dalam wujud paket perangkat
lunak pembelajaran dan sudah dipasang di portal web. Upaya ini dilakukan untuk
meningkatkan pengu-asaan mahasiswa di bidang materi perkuliahan matematika yang disajikan
dalam bahasa Inggris. Insentif yang lebih tinggi diberikan kepada mahasiswa yang dapat
menuntaskan materi dalam sekali kerja daripada mahasiswa yang menuntaskan materi dalam dua
kali kerja. Begitu seterusnya, dan apabila dalam batas waktu tertentu mahasiswa tidak mampu
menuntaskan materi, maka sistem akan menyajikan materi dalam bahasa Indonesia. Pola insentif
diyakini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.
Karakteristik modul web dan pembelajaran bermedia komputer seperti menjamin kontrol
mahasiswa, fleksibel, bebas konteks, dan relatif bebas konvensi sosial diharapkan memiliki
pegaruh yang kuat untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa. Sekalipun modul web
ini belum diujicoba, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menerapkan modul web ini,
paling tidak sebagai media pembelajaran alternatif. Kekurangan dosen dan kekurangan sarana
serta biaya paling tidak dapat dibantu oleh modul web yang dikembangkan ini untuk pembelajaran
suplemen.
Kata-kata kunci: modul web, pola insentif, bilingual

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Mertasari, N. M. S. (2010). MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.128