MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.128Abstract
Modul web dengan pola insentif untuk perkuliahan bilingual padamahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI telah diimplementasikan dalam wujud paket perangkat
lunak pembelajaran dan sudah dipasang di portal web. Upaya ini dilakukan untuk
meningkatkan pengu-asaan mahasiswa di bidang materi perkuliahan matematika yang disajikan
dalam bahasa Inggris. Insentif yang lebih tinggi diberikan kepada mahasiswa yang dapat
menuntaskan materi dalam sekali kerja daripada mahasiswa yang menuntaskan materi dalam dua
kali kerja. Begitu seterusnya, dan apabila dalam batas waktu tertentu mahasiswa tidak mampu
menuntaskan materi, maka sistem akan menyajikan materi dalam bahasa Indonesia. Pola insentif
diyakini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.
Karakteristik modul web dan pembelajaran bermedia komputer seperti menjamin kontrol
mahasiswa, fleksibel, bebas konteks, dan relatif bebas konvensi sosial diharapkan memiliki
pegaruh yang kuat untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa. Sekalipun modul web
ini belum diujicoba, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menerapkan modul web ini,
paling tidak sebagai media pembelajaran alternatif. Kekurangan dosen dan kekurangan sarana
serta biaya paling tidak dapat dibantu oleh modul web yang dikembangkan ini untuk pembelajaran
suplemen.
Kata-kata kunci: modul web, pola insentif, bilingual
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Mertasari, N. M. S. (2010). MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.128
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)