MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.129Abstract
Penelitian ini merupakan kegiatan pasca pengembangan, yaitu uji efektivitaspenerapan Project Based Learning (PBL) dalam rangka meningkatkan prestasi akademik
mahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapan
akademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester V
jurusan Teknik Mesin UNM. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimen dan
menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL yang
dikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran model
PBL, dan format lembar kerja mahasiswa yang telah memenuhi kriteria keberterimaan, yang
meliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan dan (2) terdapat perbedaan skor rata–rata
pretest dan posttest untuk pengetahuan perancangan mesin. Rata-rata skor pretest adalah 62,3 dan
skor posttest adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai rata-rata skor ini menunjukkan peningkatan
yang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.
Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis projek, prestasi akademik, perancangan mesin
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Rais, M. (2010). MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.129
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)